26 Desa di Gresik Dilanda Kekeringan, begini Kiat Bupati Sambari Pastikan Derah Cukup Air Bersih

    18
    Loading...

    Informasi Menarik Terbaru – Informasi terbaru tentang
    26 Desa di Gresik Dilanda Kekeringan, begini Kiat Bupati Sambari Pastikan Derah Cukup Air Bersih


    SURYA.co.id | GRESIK – Bupati Sambari Halim Radianto meminta kepada semua Camat se- Kabupaten Gresik untuk melaporkan dan mendata keperluan air bersih di wilayahnya. Ditahui, bencana alam kekeringan dan banjir di wilayah Gresik tejadi semua tahun.

    Rapat itu diikuti Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dengan koordinasi Forkopimda di tingkat Kabupaten maupun Muspika di tingkat Kecamatan.

    Pada pertemuan , Sambari dengan didampingi Wakil Bupati Mohamad Qosim meminta para Camat mendata keperluan air bersih di desa-desa yang dilanda kekeringan.

    ‚ÄúTolong didata keperluan air bersih untuk wilayah desa dan dusun terdampak kekeringan,” kata Sambari kepada Camat -camat, Jumat (21/9/2018).

    Sambari pun meminta kepada Camat untuk mendata jumlah Kepala Keluarga (KK) dan alamat yang jelas. Selain pun dituntut untuk mendata jumlah mata air.

    “Data pun berapa sumber air dan telaga yang boleh dimanfaatkan,” ujarnya.

    Pertemuan semoga boleh meminimalisir dampak kekeringan serta penanganan kebakaran diakibatkan kemarau panjang. Oleh sebab dibutuhkan pengiriman air bersih ke desa-desa terdampak kekeringan secara maksimal.

    “Jika boleh meminta bantuan ke sejumlah perusahaan yang sudah ada di Gresik baik BUMN, BUMD maupun sejumlah perusahaan lain. Masalah ini untuk memenuhi keperluan penduduk air bersih di penduduk,” ujarnya.

    Begitu pun dengan BPBD untuk berkoordinasi kepada perusahaan yang sudah ada di Gresik. “Bantuan air bersih, pendistribusiannya mesti berkoordinasi dengan BPBD,” imbuhnya.

    Sementara dari PDAM Gresik mengaku telah menolong air bersih semua hari sejumlah 20 Tanki air bersih. “Telah siap menolong air, paling kecil 20 tanki perhari dan boleh lebih,” kata Kepala Bagian Humas Pemkab Gresik Sutrisno.

    Sementara Kepala BPBD Kabupaten Gresik Tarso menyampaikan bahwa kekeringan tahun ini telah menurun. BPBD Kabupaten Gresik sudah menetapkan 26 Desa terdampak kekeringan. Puluhan desa itu tersebar di Kecamatan Benjeng, Cerme, Duduksampean, Kedamaian, Sidayu, dan Bungah.

    Selain itu tahun 2017 sudah ada 32 desa di 7 Kecamatan.

    “Dari 26 Desa, hanya 31 Dusun yang paling kekeringan, sehingga kami mengirimkan air bersih untuk warga,” kata Tarso.


    terima kasih telah baca informasi tentang
    26 Desa di Gresik Dilanda Kekeringan, begini Kiat Bupati Sambari Pastikan Derah Cukup Air Bersih

    Sumber

    Loading...