Aceh Tengah Usulkan Jadi Pusat Arsip

    13

    Info Menarik Terbaru – Info terbaru tentang
    Aceh Tengah Usulkan Jadi Pusat Arsip


    * Kondisi Administrasi Aceh belum Baik

    TAKENGON – Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah mengusulkan wilayahnya sebagai pusat arsip Aceh. Hal itu terkait belum baiknya sistem administrasi dan kearsipan selama ini, dimana hampir seluruh kabupaten masih ditemui beberapa kelemahan terkait kedua hal tersebut.

    Hal itu diungkapkan dalam pembukaan Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis), Perpustakaan dan Kearsipan se-Aceh di aula Hotel Bayu Hill, Takengon, Kamis (12/7).

    Turut dihadiri staf ahli Gubernur Bidang Keistimewaan, SDM dan Hubungan Kerjasama Aceh, Iskandar AP, selain para peserta dari masing-masing kabupaten/kota. Para peserta yang hadir, termasuk Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsiban kabupaten/kota, pejabat membidangi program pada dinas.

    Wakil Bupati Aceh Tengah, H Firdaus SKM, ketika membuka rakornis langsung mengusulkan agar Kota Takengon, bisa menjadi pusat arsip (record center) di Provinsi Aceh. Menurut dia, tempat ruang penyimpanan arsip dipengaruhi oleh suhu dan kelembaban udara, sehingga bisa bertahan lama, jika disimpan di Aceh Tengah.

    “Aceh Tengah suhunya dingin, sehingga tidak perlu menyediakan peralatan mahal, seperti alat pendingin. Jadi, kami kira cocok bila dijadikan pusat arsip Aceh,” usulnya.

    Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh, Dr Wildan MPd dalam paparannya lebih banyak membahas persoalan tertib administasi dan arsip di Aceh. Dikatakan: “Hasil monitoring bidang kearsipan sepanjang tahun lalu, kondisi kearsipan kita masih belum memuaskan,” kata Wildan.

    Disebutkan, sistem pengelolaan tertib arsip di lingkungan lembaga Pemerintahan Aceh, lembaga pendidikan, organisasi politik, organisasi kemasyarakatan, dan perseorangan serta tertib arsip statis di setiap lembaga kearsipan di seluruh kabupaten/kota di Aceh, perlu untuk ditingkatkan.

    “Mudah-mudahan dengan adanya rakornis ini, kondisi kearsipan akan lebih di masa yang akan datang,” jelasnya. Disisi lain, ada beberapa tujuan yang akan dicapai dalam Rakornis Perpustakaan dan Kearsipan se-Aceh, di antaranya, mewujudkan sinergitas program serta dan kegiatan Perpustakan dan Kearsipan Aceh.

    “Selain itu, untuk menciptakan sinkronisasi pelaksanaan kegiatan Perpustakaan dan Kearsipan antara provinsi dan kabupaten/kota,” jelasnya. Dia menjelaskan rakornis diikuti 80 orang, 65 di antaranya berasal dari kabupaten/kota serta 15 orang dari provinsi. “Ada beberapa narasumber kita hadirkan dalam rakornis ini,” ujar Wildan.(my)

    usulan aceh tengah
    * Takengon dapat jadi pusat arsip
    * Didukung suhu yang selalu dingin
    * Tidak perlu peralatan pendingin
    * Biaya akan lebih murah


    terima kasih sudah membaca info tentang
    Aceh Tengah Usulkan Jadi Pusat Arsip

    Sumber