AS Ancam Iran Tidak Bisa Ekspor Minyak Dijawab Hendak Blokade Selat Hormuz

29

Informasi Menarik Terbaru – Informasi terbaru tentang
AS Ancam Iran Tidak Bisa Ekspor Minyak Dijawab Hendak Blokade Selat Hormuz

TRIBUN-MEDAN.com – Iran melontarkan ancaman bakal memblokade kawasan v**** perdagangan laut di Timur Tengah kalau tidak diizinkan mengekspor minyak.

Ancaman dilontarkan penasihat Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei, Ali Akbar Velayati, di Rusia.

Dilansir Russian Today Jumat (13/7/2018), Velayati berujar, Presiden Iran Hassan Rouhani telah menegaskan sikapnya saat berkunjung ke Eropa.

Rouhani mengancam bakal memblokade Selat Hormuz, jalur v**** antara Teluk Persia dan Teluk Oman, kalau dilarang menjual minyak.

“Tuan Rouhani telah mengatakannya dengan jelas; setiap negeri Timur Tengah boleh menjual, atau tidak sudah ada sama sekali,” tutur Velayati.

Umumnya minyak yang diekspor Arab Saudi, Iran, Uni Emirat Arab, Kuwait, dan Irak lewat Selat Hormuz sebelum hingga di Eropa maupun Amerika.

Hasil gambar untuk Selat Hormuz

Qatar dan Saudi sebelumnya dikabarkan sudah coba untuk cari jalur lain. Tetapi, sampai kali ini mereka masuk belum mendapatkannya.

Russian Today memberitakan, melintasi selat menjadi perjalanan yang paling berbahaya di waktu lampau.

Pada 2010, semacam kapal tanker berbendera Jepang “M Bintang” diserang oleh kelompok yang mengaku berafiliasi dengan Al Qaeda.

Mei 2015, kapal Iran menyerang memukul mundur kapal tanker Singapura sebab diklaim sudah merusak fasilitas minyak mereka. 

Sebab , Amerika Serikat ( AS) menempatkan Armada Kelima di Bahrain untuk melindungi kawasan itu dari aksi penyerangan maupun perampokan.

Sebelumnya, AS memberikan peringatan kepada negeri lain untuk tak membeli minyak dari Iran. Perusahaan Perancis semisal Total langsung menarik diri.

Pejabat senior AS Brian Hook menyampaikan, Washington sudah menargetkan untuk memangkas ekspor minyak Iran sampai nol.


terima kasih telah baca informasi tentang
AS Ancam Iran Tidak Bisa Ekspor Minyak Dijawab Hendak Blokade Selat Hormuz

Sumber