Bea Cukai Yogyakarta Musnahkan Ribuan Botol Miras dan Barang Ilegal Lainnya

    12

    Info Menarik Terbaru – Info terbaru tentang
    Bea Cukai Yogyakarta Musnahkan Ribuan Botol Miras dan Barang Ilegal Lainnya


    TRIBUNJOGJA.COM – Guna melindungi masyarakat dari penggunaan dan peredaran barang-barang ilegal yang berpotensi membahayakan masyarakat, Kantor Bea dan Cukai wilayah Yogyakarta memusnahkan ribuan barang ilegal dengan nilai mencapai ratusan juta rupiah.

    Adapun barang-barang tersebut terbukti melanggar ketentuan larangan dan pembatasan (Lartas).

    Direktur Jenderal (Dirjen) Bea dan Cukai, Heru Pambudi mengatakan, bahwa jumlah barang ilegal yang dimusnahkan berjumlah 5111, terdiri dari miras ilegal, rokok ilegal, kosmetik, suplemen, obat-obatan, sex toys, kamera, smartphone, mainan, benih tanaman dan sparepart bekas.

    Barang yang dimusnahkan tersebut merupakan hasil penindakan dari Bea Cukai mulai akhir 2017 hingga semester 1 2018.

    “Untuk miras ilegal yang dimusnahkan ada 1200 botol dengan nilai Rp329 juta dan 3356 batang rokok ilegal senilai Rp9juta. Barang-barang itu yang kena cukai ilegal dan hasil penindakan di tempag jualan eceran yang melanggar pasal 14 Undang-undang cukai tentang perizinan,” katanya, Jumat (13/7/2018).

    Baca: Cegah Kematian Ayam Akibat Suhu Dingin, Pemerintah Himbau Peternak Beri Vitamin

    Adapun barang-barang yang melanggar ketentuan lartas meliputi kosmetik, suplemen, obat-obatan, sex toys, kamera, smartphone, mainan, benih tanaman dan sparepart bekas hasil penindakan dsri barang kiriman lewat POS.

    “Total nilai keseluruhan barang yang dimusnahkan ditaksir Rp400 juta,” ucapnya.

    Diungkapkannya pula, untuk Kantor Bea dan Cukai wilayah Yogyakarta telah melakukan 254 penindakan di tahun 2018.

    Menurutnya, merunut perhitungan secara nasional pihaknya telah melakukan penindakan sebanyak 24.337 kali di tahun 2017 dan di tahun 2018, tepatnya hingga bulan Juli 2018 tercatat 8973 penindakan yang dilakukan pihaknya.

    “Untuk penindakan memang menurun dibanding tahun lalu, tapi dari total nilai barang mengalami peningkatan. Dari Rp7 triliun jadi Rp7,8 triliun,” katanya.

    Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Direktorat Jenderal Bea Cukai Jawa Tengah dan DIY, Parjiya mengatakan bahwa barang yang dimusnahkan kebanyakan adalah Minuman Mengandung Etil Alkohol (MMEA).

    Banyaknya MMEA yang dimusnahkan karena terkait legalitas perijinan dan barangnya. Mengingat ada pihak yang menjual barang legal namun tidak memiliki ijin dan sebaliknya pula.

    “Apalagi yang (Tempat) berijin tapi barang yang dijual tidak legal, contoh cukainya bekas, palsu dan tidak ada pitanya itu kita tindak. Kalau yang melanggar lartas artinya saat importasi tidak ada ijin lartas dari instansi terkait. Jadi bukan dari Bea Cukai, Bea Cukai hanya institusi yang dititipi aturan dan harus dilaksanakan,” ujarnya.

    Berikut video pemusnahan barang ilegal dan ribuan miras oleh Bea Cukai :


    terima kasih sudah membaca info tentang
    Bea Cukai Yogyakarta Musnahkan Ribuan Botol Miras dan Barang Ilegal Lainnya

    Sumber