Di Hadapan DPR RI dan Kementrian, Bupati Batanghari Minta Tambahan Pendamping Desa

    20

    Informasi Menarik Terbaru – Informasi terbaru tentang
    Di Hadapan DPR RI dan Kementrian, Bupati Batanghari Minta Tambahan Pendamping Desa


    Laporan Wartawan Tribun Jambi Abdullah Usman

    TRIBUNJAMBI.COM, MUARA BULIANBupati Batanghari Syahirsah meminta penambahan pendamping Desa, disampaiakannya pada acara diseminasi yang dihadiri perwakilan DPR RI dan Kementrian. 

    Secara umum pelaksanaan Dana Desa dikabupaten Batanghari tak memperoleh kendala yang berarti, hanya butuh adanya peningkatan Kapasitas Aparatur Pemerintah Desa (APD) secara berkelajutan.

    Bupati Batanghari Syahirsah menyampaikan, kali ini pemerintah pusat hanya butuh menjalankan penambahan jumlah pendamping desa. Dia jugaingin regulasi-regulasi yang dikeluarkan pemerintah berkenaan dengan penganggaran di desa boleh pas masa.

    “Mengingat penetapan APBDes amat tergantung dari regulasi yang dikeluarkan pemerintah pusat,” ujar Syahirsah Kamis (12/7).

    Dihadapan Dirjen Perimbangan Keuangan Kementerian Keuangan RI, Drs Astera Primanto Bhakti dan perwakilan DPR RI beserta pejabat daerah Batanghari. Bupati menyampaikan, bahwa pertumbuhan BUMDes di kabupaten Batanghari, pun menunjukan trend yang positif. 

    “Dimana pada tahun 2016 hanya ditemukan 45 BUMDes dan Alhamdulillah pada tahun 2017 naik menjadi 110 BUMDes atau setiap desa di Kabupaten Batanghari sudah miliki BUMDES,” ujar Bupati

    Dikatakannya pula trend jumlah modal yang dimiliki BUMDes kali ini pun naik secara signifikan. Dimana pada tahun 2016 berjumlah Rp 215 juta, naik menjadi Rp 2,7 miliar di tahun 2017 dan menjadi Rp 12 miliar di tahun 2018. 

    Usaha-usaha yang digunakan BUMDes antara lain peternakan ayam, sapi, kerambah ikan, jasa transportasi sawit, toko bangunan, pangkalan gas elpiji, pedagang pengepul, letakkan pinjam dan lain-lain.

    “Pastinya kita berharap software Dana Desa ini terus berlanjut, bahkan terus ditingkatkan dimasa-masa mendatang, mengingat kegunaan yang dialami desa dengan adanya Dana Desa ini amat banyak dan secara bertahap meningkatkan kesejahteraan penduduk desa,” ujar Bupati.

    Sementara Direktur Pembiayaan dan Transfers non Dana Perimbangan, Ubaidi Sochen Hamidi, menyampaikan bahwa diseminasi di kabupaten Batanghari ini adalah diseminasi yang ke-56, dari rencana rangkaian pelaksanaan diseminasi Dana Desa di 71 lokasi, sepanjang tahun 2018. 

    “Dari semua daerah yang kami kunjungi tentu sudah ada masukan yang kami terima, pastinya kami hendak tampung dan dibicarakan lebih lanjut,” katanya.


    terima kasih telah baca informasi tentang
    Di Hadapan DPR RI dan Kementrian, Bupati Batanghari Minta Tambahan Pendamping Desa

    Sumber