Dinsos Kota: Kurangnya Fasilitas Penampungan Jadi Hambatan Sisakit Gangguan Jiwa

    19

    Informasi Menarik Terbaru – Informasi terbaru tentang
    Dinsos Kota: Kurangnya Fasilitas Penampungan Jadi Hambatan Sisakit Gangguan Jiwa


    Laporan Wartawan Pos Kupang.Com, Maria Saja Toda

    POS KUPANG.COM, KUPANG –  Sudah ada sejumlah 233 orang gangguan jiwa di Kota Kupang. 54 orang diantaranya telah ditangani Dinas Sosial Kota Kupang, sementara 179 orang semisalnya masuk berkeliaran.

    Para sisakit gangguan jiwa ini belum ditangani oleh Dinas sosial Kota Kupang sebab kurangnya fasilitas penampungan buat sisakit gangguan jiwa.

    Kepala Dinas (kADIS) Sosial Kota Kupang, Felisberto Amaral, waktu ditemukan di ruangannya Jumat (13/7/2018), menyampaikan, hingga waktu ini sisakit gangguan jiwa di Kota Kupang sejumlah 233 orang.

    Tetapi tak setiap dilayani atau direhabilitasi di RSUD W Z Johannes Kupang. Pasalnya ruangan yang masuk terbatas dengan kapasitas ruangan yang tak boleh menampung setiap sisakit gangguan jiwa.

    “Kita belum boleh layani setiap. Pasalnya ruangan di Rumah Sakit W Z Johannes terbatas daya tampungnya. Kita masuk terus menjalankan koordinasi supaya mempunyai kandang penampungan yang memadai,” ujarnya.

    Amaral mengemukakan semua hari pihaknya selalu memantau keberadaan para sisakit gangguan jiwa di Kota Kupang.

    Cara simple yang digunakan pihak dinas sosial Kota Kupang ialah dengan mendatangi para sisakit yang berada di sejumlah titik di Kota Kupang dan jika sudah ada yang terlihat mengusik kenyamanan warga hendak dibawa.

    Amaral mengakui bahwa ketiadaan rumah singgah atau kandang penampungan sisakit gangguan jiwa menjadi salah satu hambatan penanganan sisakit gangguan jiwa.

    ” Kami Belum miliki kandang penampungan atau rumah singgah yang boleh tampung saudara-saudara kami sisakit gangguan jiwa. Jika telah miliki setidaknya kami boleh terbantu dan mereka boleh ditangani dan dilayani dengan cepet tanpa mesti menunggu,” ujar Amaral.

    Amaral pun berharap supaya setiap pihak turut menolong para sisakit gangguan jiwa yang berada di sejumlah kandang di Kota Kupang dengan masalah yang simple yakni tak mengucilkan dan tak mengolok-olok keberadaan mereka.

    ” Aku minta kerjasama kami setiap supaya penanganan problem ini boleh cepet selesai dan para sisakit gangguan jiwa boleh lekas semuanya dilayani dan diobati,” katanya.


    terima kasih telah baca informasi tentang
    Dinsos Kota: Kurangnya Fasilitas Penampungan Jadi Hambatan Sisakit Gangguan Jiwa

    Sumber