Dinsos Tidak Miliki Anggaran Untuk Keluarga Telantar

    14
    Loading...
    Loading...

    Informasi Menarik Terbaru – Informasi terbaru tentang
    Dinsos Tidak Miliki Anggaran Untuk Keluarga Telantar


    Laporan Wartawan Tribunjambi.com Rohmayana

    TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI – Kali ini, Dinas Sosial Kota Jambi masuk kesulitan menghadapi sejumlah masalah sosial di Kota Jambi. Contohnya merawat warga telantar ataupun menguburkan warga telantar yang tak mempunyai keluarga. Dinsos mesti turun tangan, kenyataannya pos anggaran untuk masalah itu sebenarnya tak sudah ada.

    Disampaikan Kepala Dinas Sosial Kota Jambi, Kaspul bahwa Dinas Sosial hanya menyediakan anggaran Rp 3,9 miliar. Baik di 2018 maupun di 2019 mendatang. Anggaran itu dinilai tak mencukupi pada menangani problem sosial di Kota Jambi.

    Membaca: Kerinci Target 50 Medali

    “Semua tahunnya hampir sama. Tak sudah ada tambahan anggaran. Tetapi jika dari anggaran pusat cukup besar,” katanya.
    Kaspul menambahkan di 2019 mendatang, pihaknya masuk hendak fokus pada Penyandang Problem Kesejahteraan Sosial (PMKS). Baik yang terlantar, tak mempunyai keluarga, maupun yang masuk mempunyai keluarga.

    Kaspul memutuskan sejumlah masalah semisal menguburkan penduduk yang telantar dan tak mempunyai keluarga. Pihak Dinsos mesti turun tangan untuk memandikan, mengafani dan menguburkan jenazah itu.

    “Untuk sekali penguburan mulai dari memandikan sampai menguburkan menghabiskan sekeliling Rp 4 juta. Pada satu tahun ini saja telah sudah ada 4 warga telantar yang kami kebumikan. Kami bingung ambillah pos anggaran dari mana sebab tak sudah ada posnya. Kitapun terpaksa mesti sumbangan,” katanya.

    Masalah lain Dinsos juga mesti merawat warga terlantar yang tak mempunyai keluarga. “Kali ini masuk kami rawat, sudah ada di kantor kini. Nah, kasus-kasus semisal ini juga tak sudah ada pos anggarannya. Terkadang kami bingung,” ujarnya.

    Membaca: Masuk Rencana, Mobil Crane hendak Dianggarkan Tahun 2019

    Membaca: Puluhan Ribu Kalong Melintas di Langit Desa Sekernan, Fenomena Apa?

    Tetapi pada 2019 mendatang, pihaknya telah mengusulkan untuk menyediakan pos anggaran untuk masalah insidentil itu. Baik pada merawat atau bahkan menguburkan warga yang telantar.

    “Untuk 2019 kami usulkan untuk dianggarkan 5 warga terlantar yang meninggal dunia. Karena, itulah kesulitan kami, sudah ada ornag yang terlantar, meninggal, keluarga tak sudah ada. Tetapi kalau di 2019 nantinya jika tak sudah ada, ya uangnya tak diambil. Tetapi mesti sudah ada Perwalnya dahulu, jika tak sudah ada, tak dapat cair,” ujarnya.


    terima kasih telah baca informasi tentang
    Dinsos Tidak Miliki Anggaran Untuk Keluarga Telantar

    Sumber

    Loading...