Hanura soal Kontrak Politik Demokrat: SBY Kehabisan Jurus Politik

17

Informasi Menarik Terbaru – Informasi terbaru tentang
Hanura soal Kontrak Politik Demokrat: SBY Kehabisan Jurus Politik


Liputan6.com, Jakarta – Partai Demokrat menciptakan kontrak politik buat calon presiden dan wakil presiden sebelum memberikan dukungan di Pilpres 2019. 

Terkait masalah ini, Ketua DPP Partai Hanura Inas Nasrullah Zubir menilai ini memperlihatkan bahwa Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono kehabisan strategi.

“SBY pastinya telah kehabisan jurus politiknya,” kata Inas kali dihubungi merdeka.com, Jumat (13/7/2018).

Menurutnya, kontrak politik sebagai sikap Demokrat menurunkan daya tawar kepada capres-cawapres tertentu supaya menemukan jatah kekuasaan.

“Mesti berupaya menurunkan daya tawarnya dengan power share yang lebih fleksibel dan syarat itu hanya normatif saja,” tegas Inas.

Sebelumnya, SBY menegaskan, Demokrat hendak meminta kesediaan capres dan cawapres untuk menandatangani kontrak politik dengan partai. Poin pertama yaitu mengenai ideologi capres dan cawapres.

 

Kontrak Politik

Mereka mesti benar-benar menguasai Pancasila sebagai dasar negeri. Capres dan Cawapres mesti mengamalkan penuh Pancasila.

Kedua di bidang ekonomi dan kesejahteraan rakyat, SBY menilai, rakyat kali ini waktu menghadapi sejumlah persoalan di bidang ekonomi dan kesejahteraan.

Ketiga, di bidang hukum dan keadilan. Rakyat berharap penegakan hukum berlangsung secara adil, pemberantasan korupsi tak tebang pilih.

Keempat menyangkut politik dan demokrasi. Yaitu, berharap pemimpin-pemimpin waktu depan menemukan presiden dan wakil presiden taat konstitusi dan UU sistem ketatanegaraan yang berlaku.

Paling akhir, pemimpin mendatang mesti benar-benar boleh melindungi persatuan dan kerukunan sosial dan sikap antiradikalisme persatuan bangsa dan kerukunan, atau harmonisasi penting ditegakkan pada kehidupan bangsa yang majemuk.

Reporter: Renald Ghiffari

Sumber: Merdeka.com

Tonton Video Opsi di Bawah Ini:


terima kasih telah baca informasi tentang
Hanura soal Kontrak Politik Demokrat: SBY Kehabisan Jurus Politik

Sumber