Inilah Keistimewaan dan Keutamaan Bulan Zulkaidah, Dipanggil Bulan yang Disucikan

    58

    Informasi Menarik Terbaru – Informasi terbaru tentang
    Inilah Keistimewaan dan Keutamaan Bulan Zulkaidah, Dipanggil Bulan yang Disucikan


    BANJARMASINPOST.CO.ID – Bulan Syawal sudah ditinggalkan dan memasuki Zulkaidah pada Sabtu 13 Juli 2018.

    Mengutip Serambinews.com, Luthfi Arongan (Ayah Panti), Pimpinan Dayah Harapan Ummat Arongan, Bireuen yang adalah Alumnus PPs IAIN Malikussaleh Lhokseumawe menciptakan postingan tentang keutamaan bulan Zulkaidah.

    Perhatikan artikelnya sebagai berikut :

    Kali ini, kami berada pada bulan Zulkaidah, yang oleh Ath-Thabari pada kitab tafsirnya sabagai “bulan haram” atau “bulan yang disucikan”, yaitu bulan yang dijadikan oleh Allah sebagai bulan yang suci lagi diagungkan kehormatannya. Di mana di dalamnya amalan-amalan yang baik hendak dilipatgandakan pahalanya selain itu amalan-amalan yang jelek hendak dilipatgandakan dosanya.

    Ibnu Katsir mengemukakan bahwa “bulan yang disucikan” sudah ada empat, yaitu bulan Zulkaidah, Zulhijjah, Muharram, dan Rajab. Bulan Zulkaidah memiliki keistimewaan sebab di dalamnya Allah Swt melarang manusia untuk berperang. Bulan Zulhijjah manusia mempersiapkan diri untuk melakukan ritual dan manasik haji. Bulan Muharram mereka kembali ke negara mereka masing-masing. Dan, bulan pada Rajab orang dari bermacam pelosok negara yang datang ke Baitullah kembali ke negerinya pada kondisi aman, serta menjadi momentum buat Nabi Muhammad saw berkomunikasi dengan Allah Swt untuk menerima perintah shalat (peristiwa Isra Mi’raj).

    Membaca: Jadwal Live Indosiar Timnas U-19 Indonesia vs Thailand Perebutan Peringkat 3 Piala AFF U-19 2018

    Zulkaidah adalah bulan ke-11 pada penanggalan Islam. Secara bahasa Zulkaidah berarti “penguasa gencatan senjata”, sebab pada waktu bangsa Arab dilarang menjalankan peperangan. Di antara keutamaan bulan Zulkaidah adalah tergolong di antara bulan-bulan haji, sebagaimana firman Allah Swt, “(Musim) haji ialah sejumlah bulan yang dimaklumi, barang siapa yang menetapkan niatnya pada bulan hendak mengerjakan haji, maka dari itu tak bisa rafats, berbuat fasik dan berbantah-bantahan di pada waktu mengerjakan haji…” (QS. al-Baqarah: 197).

    Berdasarkan Ibnu Rajab, Rasulullah saw pernah melakukan umrah empat mungkin pada bulan-bulan haji. Satu hikmahnya sebagaimana disebutkan bahwa ibadah umrah pada bulan-bulan haji setara dengan pahala haji di bulan-bulan haji. Keistimewaan lain Zulkaidah adalah bahwa waktu 30 malam yang dijanjikan oleh Allah Swt kepada Nabi Musa as untuk ketemu dengan-Nya terjadi pada bulan Zulkaidah, selain itu 10 malam sisanya terjadi pada bulan Zulhijjah.

    Firman Allah Swt, “Dan sudah Kita janjikan kepada Musa (memberikan Taurat) setelah berlalu masa tiga puluh malam, dan Kita sempurnakan jumlah malam dengan sepuluh (malam lagi), maka dari itu sempurnalah masa yang sudah ditentukan Tuhannya empat puluh malam. Dan berkata Musa kepada saudaranya yakni Harun: Gantikanlah saya pada (memimpin) kaumku, dan perbaikilah, dan janganlah anda mengikuti jalan orang-orang yang menciptakan kerusakan.” (QS. al-A’raf: 142).

    Membaca: Head to Head & Prediksi Inggris vs Belgia Perebutan Peringkat Tiga Piala Dunia 2018 Live Trans TV

    Bangsa Arab amat menghormati bulan-bulan haram, baik di waktu jahiliyah maupun di waktu Islam, tergolong di antaranya bulan Zulkaidah. Di era jahiliyah, bulan Zulkaidah adalah kesempatan untuk berdagang dan memamerkan syair-syair mereka. Mereka mengadakan pasar-pasar tertentu untuk menggelar pertunjukan syair, pamer kehormatan suku dan golongan, sambil berdagang di sekeliling Mekkah, lalu setelah itu mereka melakukan ibadah haji. Bulan ini menjadi bulan aman buat semuanya, satu sama lain tak bisa saling mengusik (Khazanatul Adab, 2/272).

    Kami sebagai muslim yang sudah mencukupi syarat untuk menunaikan ibadah haji, pastinya berkewajiban untuk melaksanakannya. Ibadah haji dilakukan pada bulan tertentu dan salah satunya pada bulan Zulkaidah. Kali ini, contohnya, kaum muslimin dari bermacam penjuru dunia mulai berdatangan ke berdatangan ke Mekkah dan Madinah untuk melakukan ibadah haji.


    terima kasih telah baca informasi tentang
    Inilah Keistimewaan dan Keutamaan Bulan Zulkaidah, Dipanggil Bulan yang Disucikan

    Sumber