Kesaksian Mereka yang Lolos dari Kekejaman G 30S/PKI dan Pembantaian di Lubang Buaya

    3
    Loading...
    Copy

    Informasi Menarik Terbaru – Informasi terbaru tentang
    Kesaksian Mereka yang Lolos dari Kekejaman G 30S/PKI dan Pembantaian di Lubang Buaya

    TRIBUNJAMBI.COM – Cerita kejamnya G30S/PKI masuk terngiang buat sebagian orang yang mengalaminya, terutama yang melihat langsung.

    Seorang saksi sejarah peristiwa G30S/PKI mengungkapkan pengalamannya kepada wartawan Intisari LR Supriyapto Yahya dan Anglingsari Saptono.

    Membaca: Jadi Korban Kekejaman G 30S/PKI, Ini Kalimat Paling akhir Ade Irma Suryani

    Saat , ya hampir ikut menjadi korban kejamnya G30S/PKI.

    Malam baru saja melalui, sementara matahari dini juga belum terjaga dari peraduannya, sebab masa pastinya baru pukul 03.00.

    Date paling akhir pada bulan September baru berganti dengan date 1 Oktober 1965. Jakarta dan penduduknya masuk terhanyut pada sepenggal mimpinya. Tetapi, Sukitman (49) yang masa berpangkat Agen Polisi Dua tak ikut terhanyut pada buaian mimpi.

    la mesti melakukan tugasnya di Seksi Vm Kebayoran Baru (kini Kores 704) yang berlokasi di Wisma AURI di Jl. Iskandarsyah, Jakarta, bersama Sutarso yang berpangkat sama.

    “Angkat tangan”

    “Masa polisi meningkat sepeda. Selain itu untuk menjalankan patroli, kadang-kadang kita cukup dengan berjalan kaki saja, sebab radius yang mesti dikuasai ialah sekeliling 200 m,” ujarnya mengengang waktu awal tugasnya.

    Tiba-tiba ya dikejutkan oleh bunyi rentetan tembakan, yang rasanya tak jauh dari posnya. Sebab tembakan berasal dari bawah dan dekat situ sudah ada Gedung MABAK yang tinggi, suara tembakan memantul.

    Rasakan tanggung jawab menciptakan Sukitman bergegas mengendarai sepedanya dengan tips melawan arah cari sumber tembakan . Sementara rekannya tetap menjalankan misi jaga. Pada benak pemuda yang terlintas mungkin terjadi perampokan.

    Postingan Pengangkatan Jenazah Para Jenderal dari Lubang Buaya (Arsip Nasional Republik Indonesia)
    Artikel Pengangkatan Jenazah Para Jenderal dari Lubang Buaya (Arsip Nasional Republik Indonesia) ()


    terima kasih telah baca informasi tentang
    Kesaksian Mereka yang Lolos dari Kekejaman G 30S/PKI dan Pembantaian di Lubang Buaya

    Sumber

    Loading...