Keterlibatan Penduduk Kunci Keberhasilan Agenda Restorasi Gambut

    16

    Informasi Menarik Terbaru – Informasi terbaru tentang
    Keterlibatan Penduduk Kunci Keberhasilan Agenda Restorasi Gambut


    Citizen Reporter

    Dinamisator BRG-Kalbar: Hermawansyah

    TRIBUNPONTIANAK.CO.ID – Hari Selasa, date 10 Juli 2018, dini pukul 09.00 WIB, aku dan Deputi 3 bidang Edukasi, Sosialisasi, Partisipasi & Kemitraan Tubuh Restorasi Gambut Republik Indonesia (BRG-RI), Myrna A Safitri, PhD beserta rombongan, bertolak dari Pontianak menuju Sambas.

    Perjalanan ke Sambas adalah bagian dari rangkaian kunjungan kerja Deputi 3 BRG-RI selama lima hari di Kalbar.

    Sesudah sehari sebelumnya, senin date 9 Juli 2018, menghadiri pengukuhan Guru Besar Tetap Fakultas Pertanian Untan di Auditorium Untan. Pada hari , selain menghadiri pengukuhan Prof.Dr. Gusti Zakaria Anshari, MES yang pun anggota kelompok peneliti BRG-RI, siang harinya bersama Kepala BRG Bapak Nazir Foead, dilanjutkan dengan rapat koordinasi bersama TRGD (Tim Restorasi Gambut Daerah) di ruang Sekda Pemerintah Propinsi selaku Ketua TRGD Kalbar beserta jajarannya.

    (Membaca: Raih Juara Dunia, Hotman Paris Sumbang Rp 100 Juta untuk Renovasi Rumah Zohri )

    Perjalanan selama kurang lebih 5 jam ke Sambas, betul-betul kita nikmati. Apalagi Ibu Myrna A Safitri yang belum pernah mengunjungi daerah bagian utara propinsi Kalbar.

    Bahkan ke Singkawang juga belum pernah menginjakkan kakinya. Sebab itulah, tiba di Singkawang kita bersama rombongan sejumlah 6 orang bersama supir itu, mampir makan siang dan rehat sejenak di Singkawang.

    Selesai makan dan bincang-bincang ringan seputar pekerjaan, kita melanjutkan perjalanan ke Sambas. Memasuki kota Sambas jam 16.30, kita langsung menuju Ferri penyeberangan ke Desa Sekura.

    Desa Sekura bersama Tri Mandayan, Lela, Sungai Kumpai, Berlimang dan Sungai Baru Kecamatan Teluk Keramat, ialah 6 desa yang dipilih BRG sebagai lokasi software Desa Peduli Gambut (DPG) di Kabupaten Sambas.

    Tiba di Desa Sekura, kita telah ditunggu oleh Kepala Desa dan jajarannya serta perwakilan petani. Ibu Deputi 3 BRG berdilaog dan mendengar langsung apa problem, harapan serta pengalaman penduduk pada pengelolaan lahan gambut. Sesudah dari Sekura, rombongan kita menuju Desa Lela.

    (Membaca: Bupati Jarot dan Bupati Atbah Dijadwalkan Hadiri Halal Bihalal Penduduk Pantai Utara Sintang )


    terima kasih telah baca informasi tentang
    Keterlibatan Penduduk Kunci Keberhasilan Agenda Restorasi Gambut

    Sumber