LSM Demo Kantor Diknas Kediri Protes Pungutan Liar

    15

    Informasi Menarik Terbaru – Informasi terbaru tentang
    LSM Demo Kantor Diknas Kediri Protes Pungutan Liar


    TRIBUNJATIM.COM, KEDIRI – Pegiat Ikatan Pemuda Kediri (IPK) menggelar unjuk rasakan di Kantor Cabang Dinas Pendidikan Kediri. Aksi ini digunakan untuk memprotes maraknya bermacam pungutan liar di sekolah, Jumat (13/7/2018).

    Selain berorasi, massa pun membawa sejumlah poster yang berisi tuntutannya. Di antaranya,
    “Sekolah Free Biaya Mati”, “Harga Sekolah Mencekik Rakyat”, “Usut Pungli di Sekolah” dan “Bubarkan Komite Sekolah”.

    Korlap aksi Supriyo,SH mengungkapkan, dia sudah mendapatkan setidaknya tiga kasus pungutan ilegal yang terjadi di salah satu SMA Negara di Kota Kediri.

    Orangtua wali murid yang diterima dituntut membayar harga Rp 2.800.000. Hanya saja Supriyo masuk cari barang bukti adanya ketentuan pungutan dari pihak sekolah.

    Membaca: Kebakaran di Pabrik PT Siantar Top di Waru Sidoarjo Diakibatkan Penggorengan Terlalu Panas

    “Kita masuk koordinasi dengan wali murid untuk memberikan surat edarannya. Wali murid terpaksa pinjam duit sebab takut anaknya tak diterima,” ungkapnya.

    Pungli yang terjadi di sejumlah sekolah pun amat disesalkan. Sebab APBN dan APBD kali ini 20 persen sudah dialokasikan untuk keperluan pendidikan.

    “Pada musim penerimaan peserta didik baru (PPDB) pungli-pungli amat masif. Sebab pihak provinsi tak pernah menerbitkan payung hukum yang jelas bagaimana prosedural PPDB,” tambahnya.

    Sehingga baik prosedur anggaran dan teknik penerimaan bisa diperankan. Akibatnya siswa yang baik prestasinya tak diterima. Malah anak dari daerah lain dengan simple masuk.

    “Sudah ada indikasi duit bermain,” ungkapnya.

    Relatif pihak sekolah berdalih pungutan diperuntukkan untuk duit gedung. Kenyataannya pemerintah pun menerbitkan bansos untuk pembangunan dan perawatan gedung sekolah.


    terima kasih telah baca informasi tentang
    LSM Demo Kantor Diknas Kediri Protes Pungutan Liar

    Sumber