Mangkrak, Sejumlah Kantor Kelurahan di Kota Blitar Hendak Disulap Jadi Taman

    15
    Loading...

    Informasi Menarik Terbaru – Informasi terbaru tentang
    Mangkrak, Sejumlah Kantor Kelurahan di Kota Blitar Hendak Disulap Jadi Taman


    TRIBUNJATIM.COM, BLITAR – Sejumlah aset tanah milik Pemkot Blitar yang dibiarkan mangkrak hendak disulap menjadi taman.

    Pemkot Blitar menyiapkan anggaran sekeliling Rp 1,8 miliar untuk membangun taman di sejumlah aset pada tahun ini.

    “Sudah ada tiga aset milik Pemkot yang hendak kita bangun taman tahun ini. Total anggarannya sekeliling Rp 1,8 miliar,” kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Blitar, Pande Ketut Suryadi, Senin (17/9/2018).

    Tiga aset milik Pemkot Blitar yang hendak dibangun taman, yaitu, lahan bekas kantor Kelurahan Bendo, lahan bekas kantor Kelurahan Rembang, dan lahan bekas Pasar Pahing. Kali ini, keadaan ketiga aset tanah milik Pemkot Blitat tak teurus.

    Semisal di lahan bekas kantor Kelurahan Bendo. Telah hampir setahun ini kantor kelurahan dibiarkan kosong.

    Bangunan kantor kelurahan masuk berdiri kokoh tetapi kondisinya tidak terawat. Pemkot Blitar memindah kantor Kelurahan Bendo di dekat kawasan Sport Center.

    Masalah serupa pun terlihat di lahan bekas kantor Kelurahan Rembang. Kantor kelurahan Rembang pun telah lawas dibiarkan mangkrak.

    Pemkot Blitar memindah pelayanan dari kantor lawas ke kantor baru semenjak tahun kemudian. “Kita memanfaatkan aset yang menganggur untuk menambah ruang terbuka hijau,” ujar Pande.

    Dikatakan Pande, pembangunan sejumlah taman ini ditargetkan selesai akhir tahun ini. Kini rencana pembangunan taman masuk tahap proses lelang.

    Anggaran pembangunan masing-masing taman bervariasi mulai Rp 400 juta hingga Rp 500 juta.

    “Selain tiga taman , kita pun hendak membangun taman di Alun-alun sisi selatan tahun ini. Hanya kita semakin tanaman dan kandang duduk,” ujarnya.

    Menurutnya, selain untuk menambah keindahan kota, pembangunan sejumlah taman ini pun untuk memenuhi kuota ruang terbuka hijau (RTH) di Kota Blitar.

    Sesuai aturan, luas RTH mesti 30 persen dari luas daerah. Kini luas RTH di Kota Blitar baru 10,6 persen.

    Dengan pembangunan empat taman luas RTH di Kota Blitar boleh bertambah menjadi sekeliling 13 persen. Kini, Kota Blitar baru memiliki lima taman.

    Yaitu, Taman Sentul, Taman Jaten, Alun-alun, Kebonrojo, dan Taman Pecut. Taman Pecut ini adalah taman terbaru yang dibangun Pemkot Blitar. (Samsul Hadi)


    terima kasih telah baca informasi tentang
    Mangkrak, Sejumlah Kantor Kelurahan di Kota Blitar Hendak Disulap Jadi Taman

    Sumber

    Loading...