Masakan Unik Sayur Rotan Khas Kalteng, Makan kali Panas Maknyuss

13

Loading...

BANJARMASINPOST.CO.ID, PALANGKARAYAKalimantan Tengah mempunyai kuliner khas yang selama ini diketahui dengan sayuran umbut rotan. Sayuran yang berbahan rotan muda ini buat orang luar kalimantan mungkin agak aneh.

Betapa nggak, mana mungkin rotan yang biasa digunakan untuk furniture mampu dijadikan sayur dan digemari oleh warga Kalimantan Tengah. Masakan ini, pastinya telah menjadi masakan khas Kalteng dan telah diketahui warga Bumi Tambun Bungai semenjak lawas.

Buat warga Kalteng, rotan bukan hanya dijadikan sebagai bahan pembuat perabotan rumah tangga saja namun pun adalah bahan masakan yang rasanya lezat, apalagi jika dicampur dengan lauk ikan sungai semisal haruan atau ikan sepat yang di goreng.

Loading...

“Rasanya, maknyus, jika kami makan sama nasi putih yang masuk pada kondisi panas atau hangat amat terasa nikmatnya.Pun jika lauknya ikan asin, enak sangat untuk disajikan pada sebagai makanaan siang ,” ujar Wardani warga Palangkaraya, penyuka masakan Khas Kalteng ini, Sabtu (12/1/2019).

Baca: KalselPedia – Inilah Lima Penjuru Pasar Tradisional yang Sudah ada di Kota Banjarmasin

Baca: Ular Piton 4 Meter Jatuh di Atas Ranjang, Lelaki Ini Juga Diliit Kemudian Pemilik Rumah Bidikan Pistolnya

Baca: Inilah Dikarenakan Senjata Berburu Ular Piton Milik Amad, dari Parang Melengkung Sampai Silet

Rika Astuti, salah satu Ibu rumah tangga yang kerap menciptakan sayur berbahan rotan mengungkapkan, langkah menciptakan sayuran ini pertama rotan muda atau bagian umbutnya, terlebih dulu dibersihkan durinya, rotan harus dipotong kecil-kecil.

Sekira panjang 2 sampai 3 centimeter, lalu, diolah menjadi hidangan sayur umbut rotan, dengan langkah memasaknya yang pun simple, hanya menyiapkan rempah-rempah semisal cabai, bawang merah, bawang putih, serai, kunyit, dan bumbu pelengkap semisalnya, lalu, dihaluskan dan digoreng dengan minyak sayur.

Sesudah bumbu harum dan kecokelatan, masukkan daging, seafood, atau bahan pelengkap sayur yang ingin dicampurkan, masukkan rotan muda yang telah dipotong kecil dan oseng sampai layu. Selanjutnya masukkan santan dan tunggu beberapa saat hidangan matang dan masakan siap dihidangkan.

Masakan ini, amat gampang dicari, sebab di Palangkaraya dan daerah semisalnya di Kalteng sudah ada warung makan khas Kalteng yang menjual macam masakan ini yang kebanyakan diberi nama kandas.”Banyak di Palangkaraya warung yang menjual sayuran umbut rotan warung kandas lauk di jalan RTA Milono, atau warung bermacam kandas di Kompleks Bukit Hindu pun sudah ada,” katanya seraya menyampaikan, selamat menikmati masakan khas Kalteng.

(banjarmasinpost.co.id/ faturahman)

Source link

قالب وردپرس

BAGIKAN