Medan bisa Predikat Kota Terkotor, Ini Ulasan Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan

16

Loading...

Laporan Wartawan Tribun Medan/Liska Rahayu

TRIBUN-MEDAN.Com, MEDAN – Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Medan M Husni menyampaikan, Kota Medan memperoleh nilai rendah pada penilaian Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

Ini terkait sebutan kota terkotor yang released oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dalam penyerahan Piala Adipura 2018 di Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta, Senin (14/1/2019) kemudian.

Loading...

“Sebenarnya nggak sudah ada memberikan penilaian 10 kota terkotor, salah satunya Medan secara khusus dan resmi. Yang sudah ada hanya penilaian menurut bobot yang ditentukan, salah satunya yang paling utama adalah pengelolaan TPA. Pada penilaian TPA, Medan memperoleh penilaian rendah sebab masuk memakai open dumping bukan sanitary landfill,” katanya, Rabu (16/1/2019).

Husni menyampaikan, masalah itu adalah hasil konsultasi yang dilakukannya dengan Kementerian LHK di Jakarta, Selasa (15/1/2019) kemudian.

Menurut hasil konsulatasi dilaksanakan dengan Kementrian LHK, penilaian Adipura yang dilaksanakan menurut bobot yang ditentukan, pengelolaan TPA adalah salah satu penilaian yang paling utama.

“Ternyata pada pengelolaan TPA ini, kami (Kota Medan) memperoleh nilai rendah sebab masuk memakai sistem open dumping, seharusnya memakai sistem sanitary landfill. Jadi bukan kota terkotor semisal yang dilansir beberapa media,” kata Husni.

Ya mengemukakan, pengelolaan sistem sanitary landfil adalah melaksanakan pemusnahan dengan langkah membuang dan menumpuk sampah di lokasi cekung, memadatkannya lalu menimbunnya dengan tanah. Sehingga memberikan dampak positif buat sekeliling TPA.

Selain nggak menimbulkan bau dan penyakit, sanitary landfill pun bisa meninggikan lokasi rendah yang sudah ada di TPA.

“Selain itu pengelolaan sampah yang kami kerjakan di TPA Terjun selama ini memakai sistem open dumping. Yakni sampah dibuang begitu saja di TPA tanpa dilaksanakan pengelolaan lebih lanjut,” jelasnya.

Source link

قالب وردپرس