Mercy Corps Beri Pelatihan Siaga Pencana Ratusan Ibu-ibu PKK

Informasi Menarik Terbaru – Informasi terbaru tentang
Mercy Corps Beri Pelatihan Siaga Pencana Ratusan Ibu-ibu PKK


Laporan Wartawan Tribun Jateng Rahdyan Trijoko Pamungkas

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANGLSM Mercy Corps memberikan pelatihan siaga bencana kepada kelompok PKK di Kota Semarang, Senin (16/4).

Lokarya bertajuk Membangun Ketahanan Terhadap Banjir Integrasi Gender dan pemberdayaan perempuan diselenggarakan di hotel Grand Edge dihadiri tiga kelompok PKK dari Kelurahan Bulu Lor, Krobokan, dan Manyaran.

Manager Software Brige Mercy Corps, Eko Setyo Utamo menerangkan seminar ini adalah hasil sosialisasi software Mercy Corps semua Indonesia terkait ketahanan banjir yang berkeadilan gender.

Software itu melibatkan laki-laki dan wanita yang bekerja secara khusus dengan tiga kelompok PKK di Bulu Lor, Krobokan, dan Manyaran.

“Mereka telah menjalankan kerjasama dengan Mercy Corps sekeliling 10 bulan untuk menguatkan software ketahanan bencana,” katanya.

Kata dia, aktivitas Mercy Corps bekerjasama dengan LSM IUCII untuk mendukung terbentuknya kelompok siaga bencana di delapan kelurahan.

Sebelumnya, sudah sudah ada kelompok siaga bencana yang didominasi oleh kaum pria.

“Ini hendak bermasalah kalau sudah ada penanganan bencana lalu sudah ada wanita berkebutuhan khusus semisal ketersiadaan MCK khusus wanita, sanitasi, pembalut jika anggotanya laki-laki setiap tak terpikirkan,”katanya.

Oleh sebab , pihak membentuk kelompok siaga bencana yang melibatkan kaum perempuan supaya lebih ramah pada membantu lansia, balita.

Disamping kelompok PKK pun memiliki banyak software tetapi sumber dayanya sedikit.

Kelompok PKK ini bisa menjalin koneksi dengan Undip, PT Marimas, PT Phapros, dan sejumlah perusahaan yang dibidiknya untuk melakukan programnya.


terima kasih telah baca informasi tentang
Mercy Corps Beri Pelatihan Siaga Pencana Ratusan Ibu-ibu PKK

Sumber

author