Parlementarian Threeshould, Jumadi : Ikhtiar dan Kerja Keras

    17

    Informasi Menarik Terbaru – Informasi terbaru tentang
    Parlementarian Threeshould, Jumadi : Ikhtiar dan Kerja Keras


    Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Ridho Panji Pradana

    TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK – Pengamat Politik Untang, Dr. Jumadi menyampaikan untuk aturan PT, istilahnya Parlementaria Threeshould hanya berlaku untuk kursi di DPR RI, untuk didaerah tak diberlakukan.

    Pada konteks , tentu ditingkat lokal partai-partai kecil tak sudah ada problem, sebab satu kursi juga boleh duduk.

    Tetapi jika di DPR RI, mesti memenuhi persentase parlementaria threeshold sebagaimana diatur pada UU nomor 7 tahun 2017 tentang pemilu.

    Oleh sebab , berdasarkan aku dibutuhkan ikhtiar yang tak ringan buat partai baru, dan partai menengah butuh kerja keras sebab lebih kompetitif, apalagi bersamaan dengan pilpres. Tentu memiliki dampak psikologi politik berdasarkan aku.

    Membaca: KPU: Parlementaria Threesould Tidak Pengaruhi DPR di Daerah

    “Tantangan buat partai-partai baru untuk lalu bersaing secara segar dengan partai besar,” katanya.

    Pertama ini tentang koneksi, keahlian membangun koneksi politik menjadi penting. Sebab sebagai partai baru dibandingkan partai lawas dan besar adalah keahlian membangun koneksi politik sampai ketingkat bawah, secara struktur organisasi dan koneksi partai besar dan lawas lebih diuntungkan.

    Aku pikir, ikhtiar-ikhtiar butuh digunakan, yang kedua butuh sudah ada tawaran yang tidaksama.

    Dan ketiga, kembali pada pemain yang dimunculkan pertarungan anggota legislatif, dan tak boleh dipungkiri.

    Misal, keberhasilan NasDem sebagai partai baru waktu , pun tak lepas dari keahlian NasDem dan media massa, sebab mereka memahami media, jadi memunculkan pemain yang boleh diterima, bahkan NasDem membiayai caleg yang maju.

    “Aku pikir, setiap partai baru tak memiliki keahlian semisal NasDem. Maka dari itu aku pikir tiga masalah penting, yaitu konsolidasi, koneksi, dan tawaran yang tidaksama serta terkait figur yang dimunculkan,” ujarnya.

    Konsekuensi tidak memenuhi parlementaria threeshould tak boleh duduk diparlemen. Efeknya ialah buat kelompok kepentingan sebab tak miliki wakil diparlemen maka dari itu secara politik tak boleh memberikan dukungan yang signifikan terkait kebijakan anggaran, pembuatan UU, legislasi, jadi lebih kepada dukungan moral politik diluar parlemen.


    terima kasih telah baca informasi tentang
    Parlementarian Threeshould, Jumadi : Ikhtiar dan Kerja Keras

    Sumber