Pemerintah Serukan Pentingnya Jaminan Keamanan Data…

21

Informasi Menarik Terbaru – Informasi terbaru tentang
Pemerintah Serukan Pentingnya Jaminan Keamanan Data…


loading…

JAKARTA – Perlindungan keamanan data penduduk waktu ini kian diperlukan pada memverifikasi data pribadi pelanggan, validasi layanan, dan lain sebagainya. Sebab , pemerintah menyerukan pentingnya perlindungan data itu.

Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Ditdukcapil), Kementerian Pada Negara, Zudan Fakrulloh menyampaikan, data personal penduduk yang adalah bagian dari data kependudukan bisa dimanfaatkan untuk mendukung bermacam kepentingan. “Dunia usaha dan lembaga-lembaga yang berkepentingan bermewajiban untuk tetap melindungi supaya data kependudukan yang dijamin kerahasiaanya oleh negeri tak disalahgunakan. Mandat dan kepercayaan penduduk amat penting buat kami,” ujar Zudan waktu sosialisasi pemanfaatan nomor induk kependudukan, data kependudukan, dan kartu tanda masyarakat elektronik lewat uji mencoba dompet digital ber-platform terbuka di Jakarta, Jumat (13/7/2018) malam.

Kali ini tercatat sudah ada 977 lembaga yang sudah menjalin kerja sama dengan Kementerian Pada Negara. Jumlah hendak terus bertambah sebab kesadaran dunia usaha menjalankan pemanfaatan data kependudukan secara aman untuk kebutuhan verifikasi, serta kepentingan bisnis semisalnya makin naik.

Salah satu perusahaan yang berkomitmen menjalin kerja sama dengan pemerintah dalah Dompet Digital Indonesia (DANA). Mereka mengungkapkan dukungannya terhadap cara pemerintah pada mengakomodasi kepentingan dunia usaha memverifikasi data pelanggan dan validasi layanan secara aman dan akurat.

“Buat DANA, pemanfaatkan data kependudukan dari Dukcapil hendak berdampak signifikan pada mendukung percepatan layanan dan bisnis.” ungkap Vincent Iswara, CEO DANA pada kesempatan yang sama.

Proses verifikasi amat efisien dan berlangsung cepet. Pelanggan cukup mencetak Nomor Induk Kependudukan dan nomor Kartu Keluarga, setelah itu tinggal menjalankan verifikasi guna menemukan konfirmasi dari sistem yang disediakan.

“Kali ini masuk kita buat dua user sudah ada yang pakai video call dan sudah ada yang telah kita gunakan data dari Dukcapil. Ujungnya kini masuk pakai video call sih,” kata Rangga Wiseno Head Of Product DANA.

“Sebab kita tidak mengusik pengguna ya, jadi kami tes untuk sejumlah user dahulu,” tambahnya.

(mim)


terima kasih telah baca informasi tentang
Pemerintah Serukan Pentingnya Jaminan Keamanan Data…

Sumber