Pemko Banjarbaru Data 20 Guntung di Banjarbaru

    13

    Informasi Menarik Terbaru – Informasi terbaru tentang
    Pemko Banjarbaru Data 20 Guntung di Banjarbaru


    BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN – Sesudah banjir yang sempat melanda Banjarbaru sejumlah masa kemudian Pemko Banjarbaru yang sempat disuarakan Sekdako Banjarbaru, H Said Abdullah bahwa Banjarbaru mesti memelihara guntung dan memanfaatkan guntung sebagai salah satu wadah tampung air.

    Sekarang dikenal telah diinventarisir sudah ada 20 guntung di Banjarbaru. Guntung itu ditemui dari di Kecamatan Cempaka sampai Landasan Ulin.

    Kasi Irigasi Dinas PUPR Kota Banjarbaru, Rizani menyampaikan, pihaknya telah mendapatkan sekeliling 20 guntung di Banjarbaru.

    Jumlah sebutnya masuk boleh bertambah seiring masuk dilakukannya pencarian guntung di Banjarbaru.

    Membaca: Jadwal Live Indosiar Timnas U-19 Indonesia vs Thailand Perebutan Peringkat 3 Piala AFF U-19 2018

    Penginventarisir guntung ini jelasnya tidak hanya mendata jumlah guntung dan letaknya. Tetapi pun cari asal usul guntung dan kepemilikannya.

    Guntung yang berada di tanah warga bakal diimbau supaya tak dirusak atau tak diuruk sehingga guntung menjadi hilang.

    “Hendak kami imbau agat guntung yang kami peroleh sudah ada di tanah warga supaya tak ditutupi dan dirusak,” jelasnya, Jumat (13/7/2018).

    Tetapi, nyatanya sekarang ujar Rizani guntung yang ditemui bahkan sejumlah telah berada dekat dengan bangunan. Dikhawatirkan guntung bakal diuruk oleh warga untuk kebutuhan menambah luas rumah dan pekarangan.

    Kelestarian guntung sebutnya amat mendukung konservasi air dan menjadi penyandang buat penduduk di Banjarbaru di bagian hulu supaya tidak terjadi penumpukan air.

    Sementara ini sebutnya mereka hanya ditugaskan untuk mengimbau. Terkait hendak dibelinya guntung demi kelestarian guntung, Rizani menyampaikan kebijakan pimpinan.

    Membaca: Pembalasan Indra Sjafri Jelang Indonesia vs Thailand di Perebutan Juara 3 Piala AFF U-19 2018

    “Waktu ini pemilik lahan yang sudah ada guntungnya masuk kita imbau saja, setelah itu tak mengetahui hendak bagaimana,” katanya kepada Banjarmasinpost.co.id.

    Guntung yang sudah ada di Banjarbaru sebutnya hendaknya dipelihara oleh warga sekelilingnya. Tetapi sejumlah guntung sekarang katanya telah mulai dipelihara contohnya Guntung Mess L, dan guntunh Ratu Elok yang adalah aliran dari Sungai Puyau.

    Guntung Mess L sebutnya sudah disiring sampai 50 meter. Selain itu guntung Ratu Elok disiring sejalur dengan penyiringan di Sungai Puyau.

    Pengerjaan siring untuk guntung jelasnya adalah permintaan warga. Lalu dilanjutkan Pemko Banjarbaru dengan menganggarkan untuk penyiringan.

    Selama ini sebut Rizani, siring sungai dikerjakan atas permintaan warga dan inisiatif Pemko Banjarbaru khususnya untuk mencegah banjir. (Banjarmasinpost.co.id /Milna Sari)


    terima kasih telah baca informasi tentang
    Pemko Banjarbaru Data 20 Guntung di Banjarbaru

    Sumber