PMI Bangkitkan Relawan Kampus

    16

    Informasi Menarik Terbaru – Informasi terbaru tentang
    PMI Bangkitkan Relawan Kampus


    Oleh sebab , KSR PMI Unit Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) dr Soebandi Jember menggelar pendidikan dan pelatihan dasar (diklatsar) buat relawan. Diklatsar yang dipusatkan di aula PMI Jember diikuti sekeliling 40 mahasiswa. Mereka tampak antusias mengikuti serangkaian diklat yang bertujuan untuk meningkatkan quality relawan. 

    EA Zaenal Marzuki, ketua PMI Jember yang membuka Diklatsar Relawan PMI menyampaikan, berkomitmen menghidupkan KSR di setiap kampus, terutama kampus yang belum mempunyai KSR. 

    “Pengurus PMI Jember hendak mengaktifkan Sukarelawan PMI di semua perguruan tinggi negara maupun swasta di Kabupaten Jember. Dan membentuk KSR PMI yang masuk belum terbentuk di perguruan tinggi dengan menjalankan MoU dengan perguruan tinggi negara dan swasta,” jelasnya.

    Dia menambahkan, menurut data PMI Kabupaten Jember, KSR PMI yang telah terbentuk di antaranya KSR PMI Unit Universitas Muhammadiyah (Unmuh) Jember, KSR PMI Unit Universitas Jember (Unej), KSR PMI Unit IAIN Jember, KSR PMI Unit Politeknik Negara Jember, KSR PMI Unit IKIP PGRI, KSR PMI Unit STIE Mandala, KSR PMI Unit Poltekes Malang di Jember, KSR PMI Unit Stikes, dan AKBID dr. Soebandi. 

    “Sudah ada sejumlah perguruan tinggi yang belum sudah ada KSR Unit PMI-nya. Kita hendak dorong kampus-kampus ini mendirikan KSR Unit PMI-nya,” imbuhnya. Karena, sambungnya, KSR-KSR itu bakal menjadi unit kerja relawan di masing-masing perguruan tinggi. Dengan sekian, anggota KSR itu hendak digembleng kompetensinya untuk benar-benar bisa menjadi relawan yang berkualitas. 

    Kegiatannya diklatsar yang digelar KSRT PMI Unit STIKES dr Soebandi Jember meliputi penyampaian sejumlah materi. Antara lain, materi tentang sejarah kepalangmerahan, lambang, peran KSR PMI di organisasi, organisasi PMI, prinsip dasar PMI, E-HPI, kode perilaku dan saffer acces, dasar pertolongan pertama. Lalu BHD – RJP, cedera (kepala, leher, dan tulang belakang), ICS & Triage, pemindahan korban, perdarahan syok, cedera koneksi lunak, cedera sistem otot rangka, anatomi dan faal dasar, luka bakar, keracunan, kedaruratan medis, dapur umum, PSP, manajemen posko, assesment, shelter, KBBM, logistik, WatSan, RFL, kesehatan remaja, perawatan keluarga. 

    (jr/lin/wah/das/JPR)


    terima kasih telah baca informasi tentang
    PMI Bangkitkan Relawan Kampus

    Sumber

    قالب وردپرس