Puluhan Anggota DPRD Kota Malang Hendak Diperiksa KPK di Jakarta

    6

    Informasi Menarik Terbaru – Informasi terbaru tentang
    Puluhan Anggota DPRD Kota Malang Hendak Diperiksa KPK di Jakarta


    SURYA.co.id | MALANG – Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bakal memeriksa anggota DPRD Kota Malang, Sabtu (1/9/2018). Pemeriksaan masuk ditempatkan di Mapolres Malang Kota.

    Saksi yang bakal dimintai keterangan di hari kedua pemeriksaan saksi antara lain anggota DPRD Kota Malang 2014 – 2019. Dari info yang dihimpun Surya, sudah ada puluhan anggota dewan yang bakal diperiksa sebagai saksi.

    Plt Wakil Ketua DPRD Kota Malang Choeroel Anwar mengakui dirinya bakal dimintai keterangan sebagai saksi, Sabtu (1/9/2018).

    “Aku dimintai keterangan hari Sabtu. Banyak pun teman-teman anggota dewan yang lain. Anggota Banmus (Tubuh Musyarwarah) sepertinya setiap, jika melihat surat panggilan yang diedarkan kemarin,” ujar Choeroel.

    Waktu ini anggota dewan Kota Malang tertinggal 27 orang dari jumlah seluruhnya 45 orang. 18 orang telah ditahan oleh aparat penegak hukum, dengan status terpidana dan terdakwa. 17 orang terdakwa sekarang masuk mengalami persidangan di Pengadilan Tipikor pada dugaan perkara menerima suap pembahasan Perubahan APBD Kota Malang 2015.

    Di kali 17 anggota dewan masuk mengalami persidangan, KPK kembali menjalankan penyidikan terhadap anggota dewan tertinggal pada perkara yang sama. Sabtu (1/9/2018) penyidik bakal memanggil mereka sebagai saksi.

    Dari penghitungan Surya, setidaknya sudah ada 20-an orang anggota dewan yang bakal diperiksa sebagai saksi. Selain anggota dewan, Sekretaris DPRD Kota Malang Bambang Suharijadi pun bakal kembali disebut sebagai saksi, Sabtu (1/9/2018).

    Para saksi hendak disebut secara bergelombang, mulai pukul 10.00 Wib.

    “Hari ini telah memberikan keterangan, tapi besok disuruh kembali lagi untuk jadi saksi,” kata Bambang.

    Membaca: Terungkap, Anggota DPRD Kota Malang Biasa Minta Setoran

    Sesudah pemeriksaan pekan ini, ternyata pemeriksaan terhadap anggota DPRD Kota Malang tak pun berhenti. Pekan depan, anggota dewan kembali diperiksa. Pemeriksaan tak digunakan di Mapolres Malang Kota.

    Pekan depan pemeriksaan digunakan di gedung KPK Jakarta. Bambang tak tahu berapa jumlah anggota dewan yang bakal dimintai keterangan di Jakarta pekan depan.

    “Pada intinya, kita dituntut bersiap-siap sebab pekan depan sudah ada pemanggilan untuk anggota dewan ke Jakarta,” katanya. Bambang tak tahu apakah pemanggilan anggota dewan untuk dimintai keterangan sebagai saksi atau sebagai tersangka.

    “Aku belum terima suratnya,” pungkas Bambang.

    Dari info yang dihimpun Surya, tim penyidik menyebut pemeriksaan bakal digunakan kepada setiap anggota dewan periode 2014 – 2019. Kalau mengacu kepada periode , maka dari itu dari 27 orang yang tertinggal, hanya dua orang yang ditengarai kuat tak ikut terlibat.

    Karena keduanya menjadi anggota dewan lewat mekanisme pergantian antar masa (PAW) di tahun 2017 dan 2018. 


    terima kasih telah baca informasi tentang
    Puluhan Anggota DPRD Kota Malang Hendak Diperiksa KPK di Jakarta

    Sumber