Semacam Foto Memilukan di India Sukses Meraup Rp 614 juta pada Sehari

19

Informasi Menarik Terbaru – Informasi terbaru tentang
Semacam Foto Memilukan di India Sukses Meraup Rp 614 juta pada Sehari

Liputan6.com, New Delhi – Foto seorang bocah yang menangis di samping jenazah ayahnya menarik perhatian luas pengguna media sosial di India pada sebulan paling akhir.

Bahkan semenjak , visual pilu itu bisa mengumpulkan lebih dari tiga juta rupee (setara dengan Rp 614 juta, dengan kurs 1 rupee = Rp 204,67) untuk keluarganya pada sehari.

Dikutip dari BBC pada Rabu (19/9/2018), foto itu sudah dibagikan di Twitter lebih dari 7.000 mungkin, dan menjadi salah satu dari lima topik teratas di India pada Senin 17 September.

Sosok jenazah pada foto itu dikenal bernama Anil (37) ialah seorang petugas saluran pembuangan di ibu kota Delhi, yang meninggal saat tali pengaman yang dikenakannya putus kali tengah menuruni gorong-gorong yang hendak dibersihkannya.

Shiv Sunny, seorang reporter untuk The Hindustan Times, yang mengunggah foto itu pada Senin 17 September, menyampaikan kepada BBC bahwa dia “terguncang” oleh pandangan seorang bocah laki-laki yang waktu berduka.

“Aku seorang wartawan kriminal dan aku sudah melihat banyak tragedi. Tapi ini ialah sesuatu yang belum pernah aku lihat, amat memilukan,” ujarnya.

Sunny menyampaikan bahwa ya mengambil foto sejumlah menit sebelum ayah dari bocah itu, Anil, dikremasi pada semacam prosesi massal dengan sejumlah jenazah lain di hari yang sama.

“Aku hanya mau menyuarakan isu kematian pekerja saluran pembuangan, dan foto ini menggambarkan cerita penderitaan yang dirasakan oleh keluarganya,” lanjut Sunny mengemukakan.

Dia menyampaikan bahwa keluarga Anil bahkan tak bisa membayar harga kremasi, dan mengandalkan bantuan tetangga untuk mengurus jenazah pada prosesi Hindu itu.

Disebutkan pula bahwa putra Anil semisalnya yang berusia empat bulan sudah meninggal seminggu sebelumnya sebab pneumonia, yang terlambat diobati sebab kesulitan duit.

Selain bocah laki-laki yang menangisi kepergiannya , Anil pun dikenal mempunyai dua anak wanita, berusia tujuh dan tiga tahun.

Foto dan cerita tentang keluarga Anil yang diunggah oleh Sunny menarik perhatian lembaga amal Uday Fondation, yang lalu menginisiasi pengumpulan dana dengan bantuan Ketto, semacam platform crowdfunding terkemuka di India.

 

Perhatikan video opsi berikut: 

 

Bukan Kasus Baru di India

Seorang gadis mengibarkan bendera India saat para siswa melakukan tarian selama perayaan Hari Kemerdekaan India, di Jammu, India, (15/8). India merdeka dari kolonialis Inggris pada tahun 1947. (AP Photo / Channi Anand)

Polisi menyampaikan kepada web berita NDTV bahwa penyelidikan atas kematian Anil sudah mengungkapkan, bahwa talinya tak cukup kuat menahan tubuhnya –yang pun tak dilengkapi perangkat keamanan memadai– kali bertugas.

Ini adalah insiden kedua yang melibatkan kematian pekerja saluran pembuangan di Delhi selama satu bulan paling akhir.

Meninggalnya Anil adalah kasus terbaru dari sekeliling 100 lebih pekerja selokan yang menjalani masalah serupa di India semua tahunnya.

Serikat pekerja lokal menuduh kecelakaan maut yang dirasakan Anil –dan pun ratusan rekan sejawatnya– ialah sebab kurangnya perhatian terhadap keselamatan pekerja, terutama pada perlengkapan pengaman saat bertugas di lapangan.

Insiden sebelumnya menewaskan lima orang saat waktu membersihkan fasilitas saluran pembuangan di semacam pabrik pengolahan limbah di koridor industri Delhi-Mumbai.

Polisi menduga kelimanya tak membawa alat-alat keamanan yang memadai saat melakukan misi mendadak dari atasan mereka.


terima kasih telah baca informasi tentang
Semacam Foto Memilukan di India Sukses Meraup Rp 614 juta pada Sehari

Sumber