Software PLN Bersama Pemda Demi Wujudkan Nias Benderang di Tahun 2019

12
Loading...
Copy

Informasi Menarik Terbaru – Informasi terbaru tentang
Software PLN Bersama Pemda Demi Wujudkan Nias Benderang di Tahun 2019


Laporan Wartawan Tribun Medan / M Andimaz Kahfi

TRIBUN-MEDAN, GUNUNGSITOLI – PLN merangkul semua insan stakeholder untuk bahu-membahu wujudkan Nias 100 persen terlistriki dengan mengadakan Seminar Kelistrikan serta penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) di Kantor Bupati Nias, hari ini Selasa (18/09/2018).

Kerjasama ini adalah wujud kerja nyata PLN bersama semua stakeholder untuk meningkatkan rasio elektrifikasi serta pengawasan dan pengamanan penggunaaan tenaga listrik di Pulau Nias.

Apalagi, Nias senagai salah satu Pulau di Nusantara yang keindahan web pariwisatanya konon menyaingi Pulau Bali ini, sekarang dijadikan salah satu prioritas utama pada peningkatan rasio elektrifikasi.

Pulau dengan keindahan tepi laut yang tak kalah dari Bali dan Lombok ini, masuk memerlukan peningkatan rasio elektrifikasi yang tinggi.

Supaya semua masyarakat pulau Nias bisa mempunyai kesempatan yang sama untuk membuka peluang pariwisata dengan keadaan kelistrikan yang mumpuni.

Dengan kapasitas daya bisa 56,4 MW, Nias kali ini mempunyai Beban Puncak (BP) rata-rata sebanyak 31,5 MW, dengan panjang koneksi tegangan menengah 8.603,01 kms dan tegangan rendah 1,413.77 kms.

Serta jumlah Gardu Induk 70 kV sejumlah 2 buah, terletak di Gunungsitoli dan Teluk Pada, dengan kapasitas Trafo Daya 2×30 MVA.

Keadaan surplus ini pastinya amat mendukung PLN dan Pemda, serta semua stakeholder untuk meningkatkan rasio elektrifikasi di Pulau Nias.

Waktu ini rasio elektrifikasi Pulau Nias ialah sebanyak 51.38 persen, dengan jumlah pelanggan sejumlah 90.456 pelanggan serta jumlah desa berlistrik sejumlah 669 desa atau sama dengan 70 persen dari total jumlah desa di Pulau Nias sejumlah 950 desa.


terima kasih telah baca informasi tentang
Software PLN Bersama Pemda Demi Wujudkan Nias Benderang di Tahun 2019

Sumber

Loading...