Stok Normal Tetapi Biaya Ayam di Lamongan Tembus Rp 48.000. Begini Kata Disperindag

    22

    Informasi Menarik Terbaru – Informasi terbaru tentang
    Stok Normal Tetapi Biaya Ayam di Lamongan Tembus Rp 48.000. Begini Kata Disperindag


    SURYA.co.id | LAMONGAN – Biaya daging ayam potonglah di pasar Lamongan tidak terbendung, mencapai Rp 38 ribu per kilogram. Sementara biaya ayam pedaging (daging ayam petelur) Rp 48 ribu per kilogram.

    Biaya yang berlaku hari ini adalah biaya rekor, bahkan mengalahkan tingginya biaya kali menjelang Hari Raya Idul Fitri, yang hanya Rp 35 ribu per kilogram.

    Tingginya biaya daging ayam pasar Lamongan, semisal di Pasar Sidoarjo, Babat, Lamongan, berdasarkan para pedagang bukan sebab pasokan berkurang, tetapi biaya dari pemasok telah tinggi.

    “Kiriman ayam normal dan tak sudah ada kekosongan sama sekali, kenyataannya. Tetapi dari pemasok pastinya telah tinggi biayanya,” ungkap Khusnul Khotimah, salah satu pedagang ayam di Pasar Sidoarjo, Sabtu (14/7/2018).

    Buat pedagang, mereka tak ambillah pusing dengan kenaikan biaya yang begitu tinggi. Pedagang menjual biaya daging ayam hanya hendak mengikuti biaya yang berlaku kali ini.

    “Biaya kulakan tinggi, ya dijual tinggi,” ungkapnya.

    Jika suatu kali turun lagi, maka dari itu pedagang hendak menurunkan biaya di tingkat konsumen. Yang jelas, ujarnya pedagang semisalnya, kenaikan biaya daging ayam kali ini bukan sebab pasokan berkurang atau bahkan langka.

    Diakui, banyak pembeli yang kaget dengan biaya daging ayam yang berlaku kini. Tingkat kenaikannya terlalu tinggi, jauh melebihi biaya pada Ramadhan sampai Idul Fitri kemarin.

    Khusnul Khotimah mengungkapkan, dampak kenaikan biaya daging ayam semenjak dua hari ini, yaitu menurunnya konsumen.

    “Sebab daya beli turun, maka dari itu yang beli pun jauh berkurang,” kata Khusnul Khotimah.

    Simple omzet penjualan Khotimah turun. Dari sebelum sudah ada kenaikan, rata-rata 3, 5 kuintal, sekarang hanya 1, 5 kuintal.

    Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Lamongan, M Zamroni, saat dikonfirmasi menyebutkan kenaikan biaya daging ayam dipastikan sebab efek biaya pakan ayam yang meningkat.

    “Sebab pakan meningkat, makanya biaya ayam pun meningkat,” ujarnya.

    Zamroni mengaku pihaknya telah cari mengetahui sebab-sebab memancingnya biaya daging ayam.

    “Tak sudah ada kelangkaan. Sebab-sebab memang sebab biaya pakan ayam meningkat yang menciptakan biaya daging ayam meningkat,” ujarnya.


    terima kasih telah baca informasi tentang
    Stok Normal Tetapi Biaya Ayam di Lamongan Tembus Rp 48.000. Begini Kata Disperindag

    Sumber