Tarif Penerbangan dan Biaya Ikan Laut Potensi Pemicu Inflasi di NTT

    21

    Informasi Menarik Terbaru – Informasi terbaru tentang
    Tarif Penerbangan dan Biaya Ikan Laut Potensi Pemicu Inflasi di NTT


    Laporan Reporter Poskupang.com, adiana ahmad

    POS-KUPANG.COM, KUPANG--Tarif angkutan udara dan ikan laut sehat mempunyai potensi memicu inflasi di Provinsi NTT. Caranya perbanyak rute atau perluas bandara yang boleh didarati pesawat berbadan lebar dan lekas beralih ke ikab air tawar.

    Masalah dikatakan Kepala Bank Indonesia Perwakilan Provinsi NTT, Naek Tigor Sinaga saat ditemukan di GOR Oepoi, Jumat (13/7/2018).

    Tigor menyampaikan, dengan tarif angkutan udara yang cukup tinggi pada musim liburan sekolah atau lebaran, Naral dan Tahun Baru menimbulkan angka inflasi pada musim itu melonjak.

    Demikjan pun dengan ikan laut. Pada kali musim barat dengan abgin kencang dan gelombang tinggi, tangkapan ikan nelayan berkurang, biaya ikan laut di pasaran melonjak.

    Caranya, kata Tigor, beralih ke ikan air tawar yang tak kenal musim.

    Sementara untuk meredam lonjakan tarif angkutan udara, Tigor menyampaikan, perbanyam rute peberbangan atau perluas bandara yang boleh didarati pesawat berbadan lebar.

    “Jika semisal di Medan, Padang dengan panjang bandara hingga Rp 2.500 meter boleh didarati pesawat tubuh lebar, penumpang yang dimuat lebih banyak. Tarif tak hendak semahal di NTT,” kata Tigor.

    Cara semisalnya, perbanyak rute penerbangan. Selama ini, katabya, penerbangan di NTT bergantung pada Denpasar dan Surabaya. “Orang ke Makasar, Lombok mesti melalui Denpasar atau Surabaya. Kini dengan dibuka rute penerbangan Kupang – Makasar dan Kupang Lombok, tarif tepat lebih terjangkau,” sekian Tigor.

    Sementara , tarif penerbangan dari dan ke Kupang baik antar provinsi maupun antar kabupaten pada provinsi NTT hingga dengan Sabtu (14/7/2018), masuk cukup tinggi. Pantauan Poskuoang.com di sejumlah travel agen yang menjual tiket secara online,

    Tarif Jakarta-Kupang hingga dengan Minggu (15/7/2018) tertinggi Rp 1,3 juta hingga Rp 1,5 juta per orang.
    Tarif penerbangan regional dari Kupang ke kabupaten di NTT masuk berada di atas Rp 800.000,00 per orang. Bahkan, masuk sudah ada tarif penerbangan regional berada di atas Rp 1 juta rupiah sebab mesti transit di Bali atau kota lain di NTT sebelum ke bandara tujuan.


    terima kasih telah baca informasi tentang
    Tarif Penerbangan dan Biaya Ikan Laut Potensi Pemicu Inflasi di NTT

    Sumber