Telah Sudah ada Parpol yang Konsultasi ke KPU Riau Terkait Klarifikasi Bacaleg yang Dilaporkan Penduduk

    4

    Informasi Menarik Terbaru – Informasi terbaru tentang
    Telah Sudah ada Parpol yang Konsultasi ke KPU Riau Terkait Klarifikasi Bacaleg yang Dilaporkan Penduduk


    Laporan Wartawan Tribun Pekanbaru, Alexander

    TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Riau menyebut, telah sudah ada pihak partai politik (parpol) yang menjalankan konsultasi terkait klarifikasi atas tanggapan penduduk terhadap Mendaftar Calon Sementara (DCS).

    KPU Riau menerima enam masukan dari penduduk, terkait nama Bacaleg yang diumumkan di DCS.

    Tetapi, sampai sekarang pihak KPU Riau masuk belum mengungkapkan nama Bacaleg ataupun parpol yang diadukan itu.

    Membaca: Kontraktor Rehab Gedung DPRD Pelalawan mengaku bisa Izin Tinggal, Sekwan: Bohong

    Membaca: Baznas Bengkalis Salurkan Zakat Triwulan Ketiga Sebanyak Rp 117,8 Juta

    Komisioner KPU Riau, Abdul Hamid kepada Tribunpekanbaru.com pada Selasa (28/8/2018) menyebut, pihaknya telah menyurati masing-masing parpol, untuk meminta klarifikasi atas Bacaleg yang dilaporkan penduduk kepada KPU.

    Setelah itu, semua parpol hendak menjalankan klarifikasi atas laporan itu, dan hendak mulai menjalankan klarifikasi pada Rabu (29/8/2018).

    Hasil klarifikasi itu, berdasarkan Hamid hendak menjadi acuan buat pihak KPU, apakah betul apa yang disampaikan oleh penduduk atau tak.

    “Kita telah surati masing-masing parpol, dan sesudah mereka sampaikan jawabannya kelak pada bentuk klarifikasi, kelak kita bahas, untuk proses setelah itu, apakah masukan benar betul atau tak,” kata Hamid.

    Mantan Ketua KPU Pelalawan ini pun menyampaikan, tak hanya klarifikasi dari pihak parpol itu yang hendak menjadi acuan, tetapi pun penelusuran dari pihaknya ke instansi terkait.

    Membaca: GMMK Riau Minta Polisi Usut Tuntas Dugaan Persekusi Terhadap Neno Warisman

    Membaca: Berawal dari Perusahaan Angkutan Umum, Indah Cargo Menjelma jadi Perusahaan Bertaraf Internasional

    “Sesudah menemukan klarifikasi, pihaknya lalu hendak menjalankan penelusuran kepada pihak terkait, contohnya terkait korupsi, kita telusuri ke pengadilan, dan bermacam problem semisalnya,” katanya.

    Kalau pihak parpol tak memberikan klarifikasi, berdasarkan Hamid pihaknya hendak tetap menjalankan penelusuran kepada pihak terkait.

    “Jika parpol tak menjalankan pembelaan atau klarifikasi, boleh jadi laporan itu betul, tetapi tetap hendak kita telusuri. Setelah itu, baru kita lanjutkan untuk pleno, dan tentukan apakah Memenuhi Syarat (MS) atau Tak Memenuhi Syarat (TMS) atau apakah hendak diganti atau tak,” imbuhnya.

    Tetapi, Hamid enggan memberikan info nama Bacaleg ataupun parpol Bacaleg yang dilaporkan itu, sebab laporan itu belum dipastikan kebenarannya.


    terima kasih telah baca informasi tentang
    Telah Sudah ada Parpol yang Konsultasi ke KPU Riau Terkait Klarifikasi Bacaleg yang Dilaporkan Penduduk

    Sumber