Tengah Malam, Kwarcab Pramuka Tegal Renungkan Jelang Hari Pramuka ke-57

    13

    Informasi Menarik Terbaru – Informasi terbaru tentang
    Tengah Malam, Kwarcab Pramuka Tegal Renungkan Jelang Hari Pramuka ke-57


    Laporan Wartawan Tribun Jateng, Akhtur Gumilang

    TRIBUNJATENG.COM, SLAWI – Puluhan anggota Pramuka Dewasa yang tersusun daripada pengurus Kwarcab, Mabicab, Pelatih, Pramuka Penegak dan Pandega mengikuti renungan dan Ulang Janji menjelang Hari Pramuka Ke – 57 di Sanggar Pramuka Kwarcab Tegal, Senin (13/8) malam.

    Renungan dan ulang janji dipandu oleh Ketua Kwarcab Tegal, Widodo Joko Mulyono dan dihadiri sejumlah Pengurus Kwarcab, Pengurus DKC dan Pramuka Penegak Pandega di wilayah Slawi dan sekelilingnya.

    Acara dimulai sekeliling Pukul 23.55 WIB malam menjelang hari Pramuka, Selasa (14/8/2018) ini dengan saling memberi hormat yang dipandu oleh Pemimpin Upacara renungan.

    Lalu, rangkaian acara dilanjutkan dengan penyalaan api Dasadharma sebagai simbol 10 Dharma Pramuka yang butuh dihayati, ditanamkan dan diamalkan oleh anggota Pramuka.

    10 api Dasadharma itu dibawa oleh 10 (sepuluh) pembawa obor dari Pramuka Penegak dengan cara yang mantap maju ketengah satu per satu menyalakan obor.

    Secara simbolis, api pertama dinyalakan oleh Ketua Kwartir Cabang selaku Pembina Upacara.

    Secara berurutan, nyala obor menerangi segenap peserta upacara.

    Tak lawas lalu, Sang bendera Merah Putih memasuki arena upacara renungan dan menempatkan diri di tengah arena dengan mengambil posisi sebelah kanan depan Pembina Upacara.

    Widodo Joko Mulyono selaku Pembina Upacara mengajak kepada peserta upacara renungan untuk bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas segala rahmat dan karunia yang diberikan.

    “Adik – adik dan Kakak – kakak warga Gerakan Pramuka yang berbahagia. Pada malam yang berbahagia ini, marilah kami bersyukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, yang sudah melimpahkan rahmat dan karunia-Nya kepada kami semuanya,” ucap Joko.

    Walau digelar dengan simple, aktivitas renungan dan ulang janji berlangsung dengan khidmat dan diakhiri dengan pembacaan doa kemudian.

    Acara diakhiri dengan syukuran ditandai pemotongan tumpeng sebagai wujud syukur oleh Ketua Kwarcab Tegal yang diserahkan kepada Ketua DKC Pramuka Penegak Pandega Tegal Septi Kusuma Putri.

    “Masalah sebagai simbol adanya estafet kepemimpin dan kaderisasi pada Gerakan Pramuka,” lanjut Joko.


    terima kasih telah baca informasi tentang
    Tengah Malam, Kwarcab Pramuka Tegal Renungkan Jelang Hari Pramuka ke-57

    Sumber