Terkait Polemik Tambang Emas Blok Silo Jember, Begini Klarifikasi Sempurna Kementerian ESDM

    7

    Informasi Menarik Terbaru – Informasi terbaru tentang
    Terkait Polemik Tambang Emas Blok Silo Jember, Begini Klarifikasi Sempurna Kementerian ESDM


    TRIBUNJATIM.COM – Persoalan tambang emas Blok Silo, di Kabupaten Jember, Jawa Timur pada sejumlah masa paling akhir ini menjadi polemik penduduk.

    Oleh sebab , Bupati Jember Faida juga merespon problem itu, dan menyampaikannya ke pemerintah.

    Terkait persoalan Direktur Software Pembinaan Mineral dan Batubara Direktorat Jenderal Mineral Batubara Kementerian ESDM, Muhammad Wafid memberikan sejumlah klarifikasi semisal siaran tertulis yang diterima TribunJatim.com, Kamis (20/9/2018).

    Satu di antaranya menyatakan, penetapan Silo sebagai Wilayah Izin Usaha Pertambangan sebagaimana tercantum pada lampiran IV Keputusan Menteri ESDM Nomor. 1802 K/30/MEM/2018 telah lewat proses yang cukup panjang.

    SK Menteri ESDM Terkait Eksplorasi Tambang Emas Silo Turun, Front Nahdliyin Beraksi Tegas Menolaknya

    Kelabakan 3 SD Negara Disegel Karyawan Honorer Pemilik Lahan, Dindik Pamekasan Langsung Turun Tangan

    Selain , Kepemen diterbitkan sesudah adanya usulan Pemerintah Provinsi Jawa Timur lewat surat Kepala Dinas ESDM Provinsi Jawa Timur Nomor 545/981/119.2/2016 tersisa 29 Februari 2016 Perihal Usulan Penetapan WIUP Mineral Logam.

    Menurutnya, adanya Kepmen ESDM itu di atas tak serta merta boleh menjadi dasar dilakukannya usaha pertambangan di kawasan Silo. 

    Sudah ada sejumlah proses yang mesti dilalui, di antaranya pelelangan Wilayah Usaha Pertambangan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

    Tujuannya untuk menentukan perusahaan pemegang Izin Usaha Pertambangan (IUP); Keputusan Gubernur Jawa Timur terkait Penetapan perusahaan pemegang IUP.

    Turun Jalan, Massa Mahasiswa PMII Desak Menteri ESDM Cabut Izin Eksplorasi Tambang Emas Silo

    Sehingga, tanpa adanya proses lelang, dan Keputusan Gubernur itu maka dari itu segala bentuk aktifitas pertambangan di wilayah Silo bisa dikategorikan sebagai pertambangan ilegal.

    Sementara , aspirasi penduduk Jember yang disampaikan kepada Pemerintah Kabupaten Jember, yang tak menghendaki adanya aktifitas pertambangan di wilayah Silo, bisa dimungkinkan dengan tak dilakukannya lelang oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur, atau bahkan pencabutan wilayah Silo sebagai Wilayah Izin Usaha Pertambangan (WIUP) dari lampiran IV Keputusan Menteri ESDM Nomor 1802 K/30/MEM/2018, sesudah adanya usulan peninjauan kembali oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur sebagai pihak yang mengusulkan oenetapan wilayaj Silo sebagai Wilayah Usaha Pertambangan.

    Bupati Jember Faida juga sudah beraudiensi dengan Menteri ESDM Ignasius Jonan, dan sudah menyiapkan cara-cara yang butuh ditempuh untuk menjawab aspirasi penduduk serta dinamika yang berkembang di tengah penduduk Kabupaten Jember. (TribunJatim/Januar Adi Sagita)

    Dari 38 Kabupaten/Kota di Jatim, Hanya 8 Daerah ini Korwil TKD Jokowi Tidak Dipimpin Bupati/Wali Kota


    terima kasih telah baca informasi tentang
    Terkait Polemik Tambang Emas Blok Silo Jember, Begini Klarifikasi Sempurna Kementerian ESDM

    Sumber