Tersangka Perdagangan Kulit Harimau, Penyidik Polda Jambi Tunggu beberapa saat Jawaban JPU

    2

    Informasi Menarik Terbaru – Informasi terbaru tentang
    Tersangka Perdagangan Kulit Harimau, Penyidik Polda Jambi Tunggu beberapa saat Jawaban JPU


    Laporan Wartawan Tribun Jambi, Rian Aidilfi Afriandi

    TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI – Penyidik Subdit IV Tipidter Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Jambi, sudah merampungkan berkas perkara dua tersangka pembawa kulit Harimau Sumatera, yang diamankan belum lawas ini.

    Direktur Reserse Kriminal Khusus, lewat Kasubdit IV Tipidter, Kompol Farurrozi menyampaikan, berkasnya pun sudah diserahkan ke Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejati Jambi.

    “Telah tahap satu minggu kemudian,” katanya kali dikonfirmasi, Minggu (26/8).

    Ujarnya, kali ini, pihaknya tengah menunggu jawaban dari JPU terkait kelengkapan berkas perkasa kedua tersangka itu.

    “Jika dikembalikan, hendak kami lengkapi sesuai petunjuk. Kalau dinyatakan sempurna bakal kami limpahkan tahap kedua secepatnya,” ujarnya.

    Ya melanjutkan, pihaknya pun masuk menjalankan pengembangan terhadap pemburu dan pembeli kulit ini. Pasalnya, diduga, anak Harimau Sumatera diburu dengan tips ditembak.

    “Masuk pada pengembangan lebih lanjut,” katanya.

    Untuk dikenal, dua tersangka yang diamankan pada kasus ini, yaitu Hasan Basri (62) warga Muara Panco Barat dan Mahally MY (56) Muara Panco Timur, Kabupaten Merangin.

    Keduanya ditangkap di Jalan Arif Rahman, Kecamatan Telanaipura atau tepatnya di depan Dinas Kehutanan Provinsi Jambi, Minggu (22/7).

    Dari info yang didapat, pada penjualan gelap kulit Harimau Sumatera ini mempunyai koneksi khusus. Dua tersangka diduga hanya menjadi pembawa. Tetapi, barang bukti didapat diterima kedua tersangka dari seorang pemburu yang kali ini masuk pada penyelidikan oleh polisi

    Dua tersangka yang diamankan ini mengaku hanya menjadi penjual. Rencananya, biaya jual kulit itu sekira Rp 120 juta.

    Mereka terancam Pasal 21 ayat 2 huruf d Jo Pasal 40 ayat 2 UU RI nomor 5 tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya. Ancaman hukuman diatas 5 tahun penjara serta denda Rp 100 juta.


    terima kasih telah baca informasi tentang
    Tersangka Perdagangan Kulit Harimau, Penyidik Polda Jambi Tunggu beberapa saat Jawaban JPU

    Sumber

    BAGIKAN