Walau Telah Dibuka, Parpol di Jember Belum Daftarkan Bacalegnya ke KPU

    20

    Informasi Menarik Terbaru – Informasi terbaru tentang
    Walau Telah Dibuka, Parpol di Jember Belum Daftarkan Bacalegnya ke KPU


    SURYA.co.id | JEMBER – Pendaftaran bakal calon legislatif (bacaleg) telah dibuka semenjak Rabu (4/7/2018). Tetapi menurut pantauan di Kantor KPU Kabupaten Jember, Jum’at (13/7/2018) belum sudah ada bacaleg yang daftar.

    Masalah itu dibenarkan Ahmad Hanafi selaku Komisioner KPU Kabupaten Jember, yang menuturkan bahwa pastinya waktu ini belum sudah ada partai yang mendaftarkan bacalegnya ke KPU.

    “Hingga hari ini kita masuk belum menerima satupun partai politik yang mendaftarkan bacaleg terhitung semenjak dibuka date 4 Juli kemudian,” terang Ahmad Hanafi saat dikonfirmasi di ruangannya, Jum’at (13/7/2018).

    Hanafi mengemukakan sebenarnya bukan bakal calon legislatif yang daftar secara mandiri ke KPU, melainkan partai politik yang mengusung bacaleg itulah yang daftar ke KPU.

    Hanafi sebelumnya pun telah menginformasikan bahwa sebelum pendaftaran mesti mengisi form yang sudah ada di Sistem Info Pencalonan (SILON).

    Terkait sebab-sebab masuk belum adanya partai politik yang mendaftarkan bacalegnya ke KPU, Hanafi memperkirakan bahwa para bacaleg masuk proses penyelesaian persyaratan salah satunya pengurusan cek kesehatan dan persyaratan semisalnya.

    “Terkait masalah ini, mungkin partai masuk proses untuk upload persyaratan di antaranya cek kesehatan dan sejumlah persyaratan yang cukup panjang pula prosesnya dan pastinya perlu masa. Kita kasih deadline date 17 Juli kelak hingga pukul 00:00,” ujar Hanafi.

    Semisal pada pendaftaran sebelumnya, Hanafi berkata bahwa partai politik ramai-ramainya mendaftarkan bacalegnya saat masa deadline.

    Untuk mengantisipasi lonjakan pendaftar yang datang secara masif di masa deadline, KPU Jember menyiapkan dua kandang yaitu di media center dan ruang RPP KPU Jember

    “Kita telah bentuk tim nantinya sudah ada dua titik pendaftaran di KPU Jember,” ungkapnya.

    Sementara untuk kuota bacaleg yang wanita, jumlah maksimal partai politik mendaftarkan bacalegnya berjumlah 50 bacaleg.

    “Tetap persyaratannya maksimal parpol mencalonkan caleg wanita berjumlah lima puluh sesuai dengan presentasi kuota 30 persen. persyaratan yang telah diatur undang-undang,” katanya.


    terima kasih telah baca informasi tentang
    Walau Telah Dibuka, Parpol di Jember Belum Daftarkan Bacalegnya ke KPU

    Sumber