Contoh Tari Berpasangan

Contoh Tari Berpasangan – Kesenian memiliki beragam bentuk dan gerakan yang akan di tampilkan oleh setiap penari, kerena seni merupakan bagian dari hiasan, akan tetapi dalam bentuk tarian ini, berdasarkan hiasan dari lekuk dan gerakan tubuh.

Setiap tari memiliki unsur dan gerkan yang akan di tamilkan oleh penari, dengan ciri khas yang berbeda berdasarkan dari daerah nya masing – masing.

Denagn penegasannya ada beberapa ciri yang paling mencolok dari Tari Berpasangan sebagai gerakannya yang sering di tampilkan oleh setiap penari.

Berikut ini adalah beberapa ciri khas tari berpasangan antara lain adalah:

  • Terdapat dua gerakan dengan cara berlawanan dan simultan
  • Penari saling melengkapi
  • Harus memiliki ketentuan antara gerak dengan ekspresi dari kedua penari tersebut

Namun kali ini kami akan memberikan beberapa contoh tari berasangan, tetap simak artikel di bawah ini..?

Contoh Tari Berpasangan Nusantara

Tari berpasangan 2

Ulasanyang sangat singkat diatas maka kami juga akan memberikan beberapa contoh yang di maksid dengan tari berpasangan diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Tari Kaleran

Tari berpasangan 3

Tari Kaleran adalah salah satu bentuk dtari yang berasal dari Jawa Timur yang di lakukan dengan berpasangan namun tarian ini disebut dengan tari yang menyamakan Tari Jaipong, karena di dalam nya memiliki banyak kesamaan.

Tari Kaleran ini juga kebanyakan gerakan dalam tarian dengan gerakan yang humor dan canda dan sering dijadikan hiburan bagi warga Jawa Timur.

2. Tari Merak

Tari berpasangan 4

Tari Merak merupakan salah satu tari tradisional yang populer di Indonesia dan sering di tampilkan di Pulau Jawa karena tarian ini menggambarkan burung merak.

Tari Merak dapat dibawakan oleh dua orang wanita dan bisa lebih yang memiliki gerakan dengan lambat hingga dinamis dan memiliki ciri khas kostum dari tari ini.

Simak Juga : Tari Tunggal

3. Tari Babad

Tari Babad adalah salah satu tarian yang berasal dari Jawa Timur yang dapat dimainkan secara berpasangan dengan menceritakan sebauh fenomena yang dijiwai dengan nilai sejarah yang sangat dalam.

4. Tap Tilu Dance

Tap Tilu Dance adalah salah satu contoh dari tarian berpasangan yang memiliki gerakan yang unik dan dapat di lakukan dengan beberapa orang atau berpasangan

.

Namun tarian ini berasal dari Jawa Barat dengan sebutan buah tawon Bonang yang digunakan sebagai alat dalam musik pengiring.

Tarian ini juga merupakan cikal bakal yang munculnya tari Jaipong Kerawang dan dapat dikatakan dengan perusahaan yag sangat popularitasnya oleh beberapa pasang wanita.

5. Tari Wireng

Tari Wireng adalah tari berpasangan yang berasal dari Jawa Tengah yang memiliki dan menggambarkan gerakan selama latihan dan pertarungan.

Disalam tarian ini berbicara tentang tentara yang sedang berlatih sebelum berangkat ke medan perang dengan kata lain sebagai pengarahan dengan 6 jenis pujaan .

6. Tari Zapin

Tari Zapin adalah tari berasangan yang berasal dari nama melayu adalah Tari Zapin dan biasasnya dibawakan oleh dua orang penari.

Namun pada dasarnya tarian ini merupakan bagian dari budaya Islam di tanah Malaysia.

Tarian yang satu ini sangat digemari bahkan menjadi kebanggaan bagi masyarakat Malaysia karena dapat dimainkan di banyak pertunjukan khususnya di wilayah Sumatera.

7. Tari Saman

Tari Saman merupakan tarian Aceh yang biasanya tarian ini dibawakan secara berkelompok dan di adakan dalam perayaan masyarakat adat Aceh.

Namun secara eksklusif dalam tarian ini memiliki gerakan tarian yang menampilkan gerakan tepuk tangan, dan tidak diiringi musik.

Tarian berpasangan yang satu ini menggunakan suara atau nyanyian para penari dan akan dipadukan dengan tepuk tangan .

8. Tari Piring

Tari piring adalah salah satu tarian daerah Sumatera Barat tepatnya dari Minangkabau yang biasanya di mainkan dengan berpasangan dan daat juga di mainkan dengan berkelompok.

Tarian ini juga biasanya dibawakan pada acara-acara penting dengan acara besar dalam menyambut acara adat minang kabau. Tarian ini memiliki gerakan yang sangat cepat yang di lakukan oleh pemain sambil melakukan gerakan yang sudah di peklajari.

9. Tari Kaleran

Tari Kaleran merupakan tari berpasangan yang sangat mirip dengan Tari Jaipong namun berbeda dengan langkah dan gaya dalam gerakan nya saja,

Namun dalam Tari Kaleran ini memiliki unsur humor dalam setiap gerakannya yang biasa di sebut sebagai hiburan bagi masyarakat luas.

10. Tari Merak

Tari Merak merupakan tarian berasal dari Jawa Tengah yang biasanya di tampilkan dalam acara adat, dan acara tersebut mengundang pejabat-pejabat negara atau ketua adat.

Namun dalam tarian ini juga di lakukan dengan berpasangan dan seakan menjiwai dengan hasil inovasi penari Jawa Barat.

11. Tari Legong

Tari Legong adalah salah satu tarian berpasangan yang berasal dari Bali dan tarian ini dibawakan oleh 2 orang wanita yang mengenakan pakaian adat .

Tarian ini awalnya merupakan sebagai persembahan, dari para leluhur dalam erayaan adat yang bisa disaksikan di acara-acara seperti pernikahan.

12. Tari Wireng

Tarian Wireng adalah salah satu tarian asal Jawa Tengah yang dimainkan dengan cara berpasangan dalam pertunjukan acara adat sebagai mengekspresikan dalam perang di medan dengan gerakan ritmis.

13. Tari Regol Gunungsari

Tari Regol Gunungsari adalah salah satu tarian yang di lakukan dengan berpasngan dan tarian ini berasal dari Jawa namun tarian ini hanya dimainkan oleh satu orang saja.

Namun dengan berjalannya waktu tarian ini dikembangan dan dapat di mainkan dengan beberapa orang dengan cara berpasangan dalam pertunjukan acara adat besar.

Tari Regol Gunungsari di adakan dengan menceritakan tentang Panji yang diambil dalam sejarah nenek moyang masyarakat Jawa.

14. Tari Prawiroguno

Tari Prawiroguno adalah jenis tarian berpasangan yang berasal dari Jawa Tengah dan tarian ini dapat di mainkan oleh sepasang laki-laki, dan dapat juga di mainkan oleh pasangan perempuan.

Di dalam tarian ini memiliki gerakan dengan keterampilan yang mencerminkan dengan gerakannya di medan perang yang mengemuka terjadi ketika penjajah mengalami kemunduran.

15. Tari Jaranan Buto

Tari Jaranan Buto adalah salah satu tarian yang melambangan dengan gerakan dan berasal dari Jawa Timur namun tarian ini hanya dimainkan oleh 2 orang hebat saja.

Namun dapat juga dimainkan secara berkelompok dalam satu panggung pada saat acara adat besar saja, dan dilengkapi dengan atraksi yang membentuk seperti akrobatik yang mempesona.

16. Tari Sugriwa

Tarian Sugriwa merupakan salah satu tarian berpasangan dari Jawa Barat di dalam tarian ini menggambarkan sosok tokoh pewayangan dari Ramayana dengan salah satu tokoh protagonis perempuan dalam cerita Wayang.

17. Tari Wayang

Tari wayang adalah tarian berpasangan yang dikenal di kalangan masyarakat Cirebon sejak abad ke-16 dan disebarkan oleh seniman travelling yang dengan melakukan perjalanan melalui Jawa Barat .

18. Tarian Keurseus

Tarian Keurseus adalah salah satu tarian berpasangan dengan tradisi tari khas Jawa Barat yang di mainkan oleh dua orang penari di ajang pertunjukan Bandung tahun 1915 hingga 1920.

19. Tari Subali

Tari Subali adalah salah satu tarian berpasangan yang masih berhubungan dengan Tari Sugriwa dengan sosok seorang raja dalam cerita wayang Ramayana.

20. Tari Payung

Tari Payung adalah tarian berpasangan yang biasanya di lakuakn menyambut acara adat tepatnya di daerah Sumatera Barat dengan tari berpasangan.

Tari berpasangan ini di lakukan dengan menggunakan payung sebagai properti utamanya yang menceritakan perjalanan cinta pasangan muda.

Dengan tarian ini maka pemuda sumatra barat dapat melakukan pendekatan dengan pasangan yang akan di jadikan pasangan nya.

Nah demikian yang dapat infomenarik-terbaru.com sampaikan dalam artikl pembahasan Contoh Tari Berpasangan yang singkat ini, semoga pembahsan ini berguna untuk kita semua, sekian dan terima kasih.