MENGAPA ‘Athletes’ House’ dan ‘Omicron’ menjadi trending di Twitter dan Google Today? Menkes turunkan sosok pasien pertama

Rate this post

Pada Kamis, 16 Desember 2021, terungkap mengapa kata kunci “Wisma Atlet” dan “Omicron” tiba-tiba menjadi trending di Twitter dan Google Trends Indonesia.

Rupanya, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menjelaskan kronologis WNI yang menjadi pasien pertama virus Covid-19 varian Omicron.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyebut berinisial N sebagai pasien pertama

dan kondisinya saat ini sudah sembuh atau negatif Covid-19.

Meski pasien pertama telah sembuh, masuknya Omicron ke Indonesia menjadi peringatan keras bagi masyarakat untuk mewaspadai proses penularannya.

Baca juga: TERDAFTAR! Identitas Pasien Pertama Omikron Varian Covid-19 dan Kondisinya Saat Ini, Menkes: Sudah Sembuh

Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin membenarkan kasus pertama varian Omicron di Indonesia ditemukan oleh seorang juru rawat di Wisma Atlet Jakarta.

“Pada malam Rabu 15 Desember 2021, Kementerian Kesehatan menemukan pasien berinisial N

yang terkonfirmasi positif Omicron,” kata Budi dalam konferensi pers virtual, Kamis, 16 Desember 2021.

Menkes membenarkan bahwa GISAID mengkonfirmasi data pasien yang menyatakan bahwa laporan tersebut merupakan varian dari Omicron.

Menteri Kesehatan Budi kemudian menjelaskan kronologis terungkapnya varian Omicron yang terjadi pada pasien berinisial N, petugas kebersihan di Rumah Sakit Wisma Atlet, Kemayoran.

Menurut Menkes, tim dari Wisma Atlet, Kemayoran, akan melakukan pemeriksaan rutin pada 8 Desember 2021. Hasilnya kemudian dikirim ke Kemenkes untuk dilakukan WGS (Whole Genome Sequencing).

Baca juga: WAJIB TAHU! 3 Aplikasi ini bisa menyadap pasangan atau anak WhatsApp tanpa disadari

Menteri Kesehatan Budi menyatakan, Kementerian Kesehatan menerima tiga sampel

untuk uji sekuensing genom di Balitbangkes pada 10 Desember 2021.

Selain itu, pada 15 Desember 2021, hasil urutan genom dipublikasikan, yang menunjukkan bahwa seseorang terpapar varian Omicron.

Ditemukan tiga petugas kebersihan di RS Wisma Atlit yang PCR-nya positif. Namun yang terkonfirmasi positif varian Omicron hanya satu orang,” kata Budi seperti dikutip IndoTrends.Id oleh Berita Subang dalam artikel Menkes Budi mengungkap kronologi kasus Omicron pertama di Wisma Atlet Kemayoran.

Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin membenarkan bahwa kasus pertama varian Omicron telah ditemukan di Indonesia.
Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin membenarkan bahwa kasus pertama varian Omicron telah ditemukan di Indonesia. Dermaga. BNPB Indonesia

Menteri Kesehatan Budi memastikan ketiga orang tersebut tidak menunjukkan gejala. “Masih sehat, tidak demam, tidak batuk. Kemudian diuji lagi dengan PCR karena tes PCR pertama tanggal 8 dan tes PCR negatif,” sambung Budi.

Selain kasus pertama varian Omicron, Menkes Budi mengatakan pihaknya telah menemukan lima kemungkinan kasus Omicron melalui uji SGTF (S-Gene Target Failure).

Menurut Menkes, dua dari lima kemungkinan kasus tersebut adalah WNI yang baru pulang dari AS dan Inggris.

LIHAT JUGA :

starpetrochem.co.id
rsddrsoebandi.id
suratkabar.id
kebangkitan-nasional.or.id
wikidpr.id
psyline.id
rollingstone.co.id
liga-indonesia.id
officialjimbreuer.com
dulurtekno.co.id