Tari Tunggal

Tari Tunggal Adalah Bentuk dari rangkaian dalam sebuh gerakan yang memiliki bentuk dan ritme dalam gerakan tubuh di ruangan dan pertunjukan di lakukan dengan ketinggian.

Dengan kata lain bentuk tarian di angkasa sehingga menjadi ekspresi subjektif yang diberi bentuk obyektif dengan gerakan dengan bagian tengah tubuh manusia.

Dalam tari tunggal ini juga hanya dimainkan hanya satu orang dan disisi lain terdapat beberapa orang krue yang ada di sekelilingnya, tarian ini sejenis tarian solo atau dance yang mengutamakan ekspresi dan emosi dari penari.

Tari tunggal yang terpopuler adalah tari Gatotkaca dengan asal muasal dari Jawa Tengah, yang dapat di mainkan oleh pria dan wanita.

Tetap simak artikel di bawah ini..?

Teknik Dan Gerakan Tari Tunggal

Tari Tunggal Adalah2

Dari ulasan di atas seorang penari harus memperhatikan beberapa hal yang penting pada saat melakukan tari tunggal ini antara lain adalah:

  • Memiliki skill dance yang sangat baik supaya dapat menarik perhatian penonton saat di atas panggung.
  • Menguasai semua teknik pada saat menari baik secara dasar maupun teknik tambahan
  • Memiliki beberapa keterampilan yang diperlukan untuk mengolah rasa saat menari.
  • Seorang penari harus bisa mengatur gerak dan olah tubuh dengan menyesuaikan musik.
  • Harus bisa dominasi panggung atau tempat.
  • Penari harus mempelajari beberapa penguasaan panggung.

Ragam Gerakan Tari Tunggal

Tari Tunggal Adalah3

Ragam gerakan tari yang unik Secara umum jenis-jenis gerakan tari individu dilakukan dengan cara bergerak di tempat, berpindah dari satu tempat ke tempat lain, menggerakan lantai dan melompat.

Berikut penjelasan yang mengutip situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud):

1. Gerak di tempat

Gerak di tempat adalah salah saytu gerakan dalam tari tunggal yang di mana penari dapat melakukan dengan berdiri atau duduk tanpa bergerak.

2. Gerakan Berpindah

Gerakan Berpindah adalah salah satu gerakan dalam tari tunggal yang di mana penari dapat melakukan beberapa gerakan dengan berpindah dari posisi pertama dan posisi yang berikutnya.

3. Gerakan Panggung

Gerakan Panggung adalah salah satu gerakan tari yang dilakukan dengan memperhatikan pola dasar oleh penari dan tetap berada di atsa panggung, untuk mendominasi dengan menyesuaikan diri dengan tarian yang akan dibawakan.

3. Gerakan Dengan melompat

Gerakan Dengan melompat adalah salahs atu gerakan dalam tari tunggal sehingga dalam tarian ini dapat dilakukan dengan cara melompat, dengan posisi yang meyesuaikan gerakan dasar dari semua gerakan yang sudah di kuasai.

Contoh Tari Tunggal Nusantara

Tari Tunggal Adalah4

Dari uraian di atas maka kami juga akan memberikan beberapa jenis dan contoh tari tunggal dalam bidang nusantara.

Tari jaipong

Tari jaipong adalah tari tunggal nusantara karena tarian ini sudah di kenal di berbagai daerah, yang biasa dibawakan oleh seorang penari yang mengenakan kain kebaya.

Dengan tujuannya agar penonton dapat mendengar gerakan lekuk oleh penari dan akan tampil lembut dan feminim.

Tarian Dewi Anjasmara

Tarian Dewi Anjasmara adalah salah satu tarian yang di bawakan oleh wanita jawa, dan bali tarian ini juga menggambarkan kisah seorang putri bernama Dewi Anjasmara.

Pada abad ke-15, tarian ini sangat terkenal luas di macanegara yang terkenal mengenakan kostum hitam yang di ikat diikat di pinggang dengan menggunakan bedak, menyisir rambut.

Tari Legong

Tari Legong adalah salah satu tarian yang dibawakan oleh seorang wanita dengan berpakaian serba kuning keemasan yang dilengkapi penutup kepala seakan mirip dengan hiasan Batari.

Tarian ini Gamelan dari Bali yang di iringi dengan musik yang khas dan enak didengar dan membangkitkan semangat yang diselaraskan dengan gerakan penari.

Tari Srimpi

Tari Srimpi adalah salah satu tarian dalam Keraton Kesultanan Mataram yang didirikan pada awalnya kerajaan maram yang dibawakan oleh satu orang saja dengan prosesi pada sultan naik takhta.

Namun seiring seiring berjalannya waktu tarian ini di mainkan oleh 2 sampai 3 orang secara bersamaan oleh para wanita.

Menari Kancet Ledo

Menari Kancet Ledo juga dikenal sebagai tarian nusantara Suku Dayak, Kalimantan Timur dan selalu menyertakan Gong berukuran besar sebagai alat musik utamanya.

Tarian ini salah satu contoh tarian wanita yang paling mencolok dengan pakaian adat suku Dayak yang terbuat dari bulu burung enggang.

Tarian Kancet Ledo dapat menggambarkan kepribadian dan sikap wanita dengan kelembutan hari dan lekuk tubuhnya padaa saat dibawakan bersama dua orang penari.

Tari Gambyong

Tari Gambyong adalah salah satu tarian nusantara yang diciptakan oleh S. Maridi dan hanya dimainkan oleh satu orang saja akan tetai tarian ini dimainkan oleh beberapa orang dengan kelompok.

Makna yang tersirat dari tarian ini adalah representasi dari kelembutan dan keindahan perempuan Jawa Tengah dengan gerakan-gerakan halus dan anggun.

Tari Panji Semirang

Tari Panji Semirang adalah salah satu contoh tari tunggal nusantara yang dberasal dari Bali pada tahun 1942 maka tarian ini digolongkan sebagai jenis tarian klasik.

Tarian Panji Semirang menceritakan tentang perjalanan ziarah Galuh yang mencari kekasihnya sehingga akan dipresentasikan di beberapa festival dalam ajang internasional selama beberapa tahun.

Tari Anom Gambir

Tari Anom Gambir adalah satu contoh tari tunggal yang berasal dari Jawa Tengah yang dikenal dengan mengedepankan sisi romantisme dalam tarian dari putra Arjuna yang sedang jatuh cinta.

Tarian ini berdiri sejak zaman kerajaan Mataram Islam yang dibawakan oleh seorang laki-laki yang sering dibawakan pada berbagai acara adat suku jawa.

Tari Gatotkaca

Tari Gatotkaca adalah salah satu tari tunggal nusantara yang dibawakan oleh seorang penari pria yang memiliki pakaian, ornamen dan kostum yang lengkap dengan Gatotkaca.

Disalam tarian ini menggambarkan sosok pria hebat dalam cerita Ramayana yang jatuh cinta pada seorang wanita dan menggambarkan sisi romantis.

Tari Kreasi

Tari Kreasi merupakan tarian yang memiliki gerakannya dengan pengembangan dari gerakan tari tradisional.

Penciptaan dari tarian ini mengarah pada kebebasan dalam berekspresi yang berdasarkan pada standar tradisional.

Namun dengan menciptakan tarian kreatif harus tetap memikirkan beberapa gerakan-gerakan yang mudah ditangkap oleh penonton.

Tarian rakyat

Tarian rakyat merupakan salah satu tari tunggal nusantara yang hidup di antara masyarakat sehingga dapat perkembang pada lingkungan keraton dan masyarakat.

Tarian ini sudah disusun untuk kepentingan umum dan memiliki gerakan yang sangat sederhana yang sering diulang-ulang dengan menggunakan pakaian dan perhiasan yang sangat sederhana.

Penutup

Setiap daerah tentunya memiliki beberapa tarian khusus yang biasanya di tampilkan dalam acara adat, akan tetapi jenis nya sama seperti dalam bidang tari tunggal, tari tunggal sangat di kenal di nusantara khusunya di indonesai.

Ok sobat demikian lah yang dapat infomenarik-terbaru.com sampaikan semoga dengan pembahsan ini dapat berguna untuk kita semua, sekian dan terima kasih.